nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS: Pemindahan Ibu Kota Harus Cermat dan Terkalkulasi Baik

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 14:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 17 337 2093160 pks-pemindahan-ibu-kota-harus-cermat-dan-terkalkulasi-baik-EKwyPKRWBN.jpg Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera menilai pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seolah tidak serius untuk merealisasikan pemindahan ibu kota ke Pulau Kalimantan. Hal itu dilihatnya dari perencanaan yang kurang matang.

“Untuk kajian yang matang itu, saya merasa di awal launching-nya pemerintah seakan tidak siap dan cenderung menganggap ini sebagai barang kecil,” ungkap Mardani kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Seharusnya, lanjut Mardani, Presiden Jokowi dan kabinetnya harus membuka ke publik bagaimana perencanaan pemindahan ibu kota. Sebab, hal itu sekaligus sebagai bentuk transparansi pemerintah. “Saya melihat pemerintah belum menunjukkan transparansi dan akuntabilitas,” ujarnya.

Ilustrasi Ibu Kota

Di sisi lain, para pakar dan masyarakat masih belum melihat urgensi pemindahan ibu kota. Karena itu Wakil Ketua Komisi II DPR itu mendorong pemerintah untuk melakukan pengkajian secara cermat dan terpadu.

“Seperti fungsi-fungsi kenegaraan dan pemerintahan yang dijalankan di ibu kota, infrastruktur, tata ruang, SDM dan dana dalam jangka panjang,” harapnya.

“Aspek dampak pertumbuhan ekonomi juga perlu dikaji. Tidak hanya memikirkan ibu kotanya yang pindah, tapi pastikan Jabodetabek dapat optimal menjadi pusat pertumbuhan ekonomi,” tutur dia.

Terkahir dirinya meminta Presiden Jokowi lebih cermat dalam merealisasikan wacana pemindahan ibu kota. Meskipun wacana itu sebenarnya sudah berlangsung sejak era Presiden Soeharto.

“Sekali lagi perlu hati-hati dengan kondisi negeri saat ini, harus cermat dan terkalkulasi baik,” kata dia.

1
2

Berita Terkait

Ibu kota pindah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini