nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HUT Ke-74 RI, Istana Pajang 2 Mobil Era Soeharto hingga Tampilkan Musik Bambu Hitada

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 07:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 17 337 2093117 hut-ke-74-ri-istana-pajang-2-mobil-era-soeharto-hingga-tampilkan-musik-bambu-hitada-wpvuGrQhKt.jpg Pertunjukan Musik Bumbu Hitada dari Morotai, Maluku di HUT Ke-74 RI di Istana Kepresidenan (foto: Fakhrizal/Okezone)

JAKARTA - Dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, Istana Kepresidenan memajang dua mobil era Presiden ke-2 Soeharto hingga menampilkan petunjukan musik bambu Hitada dari Morotai, Maluku.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, Sabtu (17/8/2019), sekitar 25 anak-anak memainkan musik yang dihasilkan dari suara bambu tersebut. Mereka tampak bersemangat dalam menghentakkan setiap bambu hingga menghasilkan nada dan musik yang enak didengar.

Baca Juga: Ribuan ASN Pemprov DKI Ikuti Upacara Hari Kemerdekaan Ke-74 RI di Pulau Reklamasi

Pertunjukan Musik Bambu Hitada dari Morotai, Maluku di HUT Ke-74 RI di Istana Kemerdekaan (foto: Fakhrizal/Okezone)	 

Para pelajar tersebut tampak menanyanyikan lagu-lagu yang bertemakan kemerdekaan. Para pemusik itu pun kompak menggenakan pakaian khas Morotai.

Selain musik bambu, pihak Istana juga menampilkan mobil yang pernah digunakan Soeharto saat menjabat. Mobil sedan Cadillac tipe Fleetwood Brougham yang merupakan keluaran tahun 1980.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan mobil ini digunakan Soeharto sejak 1987 hingga 1990. Menurut dia, pihak Istana sengaja memajang mobil tersebut dapat menambah pengetahuan masyarakat terhadap kendaraan kepresidenan.

"Beberapa kendaraan tapi tahun ini kami pajang dua biar ada hiburan undangan sambil foto-foto lihat," kata Heru.

Selain itu, tamu undangan yang hadir juga bisa ikut berfoto di depan mobil tersebut. Dua mobil tersebut dipesan khusus oleh pemerintah Indonesia saat itu.

Baca Juga: Selamat Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia 

Pertunjukan Musik Bambu Hitada dari Morotai, Maluku di HUT Ke-74 RI di Istana Kemerdekaan (foto: Fakhrizal/Okezone)

Selain digunakan Soeharto, mobil ini juga pernah digunakan untuk menyambut tamu-tamu kenegaraan. Heru menyebut mobil tersebut pernah masuk ke bengkel sejak era Presiden Megawati Soekarnoputri.

"Ini masih bisa jalan, masih bisa dipakai," ucap Heru.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini