nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NasDem: Pemindahan Ibu Kota Sudah Final, Kami Dukung

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 17 337 2093097 nasdem-pemindahan-ibu-kota-sudah-final-kami-dukung-rpRTlok2oj.JPG Anggota Dewan Pakar NasDem Taufiqulhadi (Foto: Ist)

JAKARTA - Anggota Dewan Pakar NasDem Teuku Taufiqulhadi mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan.

"Pidato presiden RI di MPR soal pemindahan Ibu Kota RI ke Kalimantan sudah merupakan keputusan final dan mengikat. Kami sangat mendukung karena dengan alasannya adalah untuk pemerataan pembangunan," kata Taufiq kepada Okezone, Sabtu (17/8/2019).

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Dinilai sebagai Upaya Jokowi Realisasikan Pemerataan Pembangunan

Menurutnya, rencana pemindahan Ibu Kota tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan di daerah.

"Kita baiknya jangan terlalu romantis dengan hal-hal yang subjektif. Tetapi baiknya kita harus berpikir jauh ke depan, sebagai mana proklamor Indonesia Bung Karno," ungkapnya.

Ibu Kota Negara, Jakarta

Rencana pemindahan Ibu Kota sendiri, lanjut Taufiq, bukan baru sekarang muncul melainkan jauh sebelum itu, Presiden ke-1 RI Soekarno telah merencanakan pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan.

"Selama bertahun-tahun kemudian gagasan Bung Karno itu masih disambut positif. Salah satunya adalah pendapat akademis yang kuat dan menggema yang disampaikan oleh ilmuan besar kita Dawam Raharjo," ujarnya.

Baca Juga: Ketua MPR Minta Pemindahan Ibu Kota Dipersiapkan dengan Matang 

Ia mengatakan, pendapat Bung Karno sangat tepat. Dari sudut apa pun, Kalimantan adalah sangat cocok menjadi Ibu Kota Indonesia. Kalimantan adalah sebuah pulau yang jarang penduduknya, dan selain akan mendorong pemerataan penduduk, juga akan mendorong pemerataan pembangunan," lanjutnya.

(Ari)

Berita Terkait

Ibu kota pindah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini