nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemindahan Ibu Kota Negara Disambut Baik Warga Kalimantan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 01:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 17 337 2093075 pemindahan-ibu-kota-negara-disambut-baik-warga-kalimantan-MVR7LCXNdv.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota ke Kalimantan disambut positif tokoh masyarakat Kalimantan Timur. Pasalnya, pemindahan ibu kota bukan saja untuk memastikan pemerataan pembangunan ke luar Pulau Jawa, tetapi juga membawa visi Indonesiasentris.

"Apa yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi hari ini tentu kami sebagai warga Kalimantan khususnya Kalimantan Timur menyambut baik. Jika ini benar-benar direalisasikan maka masyarakat Kalimantan juga yang tentu akan mendapat manfaatnya," kata Tokoh Masyarakat Kalimantan Timur James Bastian Tuwo, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Dinilai sebagai Upaya Jokowi Realisasikan Pemerataan Pembangunan

Meski belum ditentukan di provinsi mana di Kalimantan yang akan menjadi ibu kota negara tersebut, James memerkirakan pemerintah pasti sudah memiliki kajian dan Kalimantan Timur masuk dalam pertimbangan matang.

"Dari banyak sisi memang Kaltim cukup diuntungkan. Akses laut untuk perdagangan sangat strategis baik ke jalur perdagangan internasional maupun ke wilayah lain di Indonesia khususnya ke Sulawesi dan Indonesia Timur yang lain," jelas Bastian.

Jokowi saat ke Kalimantan tinjau lokasi calon Ibu Kota

Selain itu, dari sisi kesiapan lahan Kalimantan Timur saat ini sangat luas karena memiliki lahan 1,5 kali lebih luas dari Jawa.

"Jumlah penduduk saat ini sekitar 3 juta. Jadi masih banyak sekali lahan kosong yang bisa dimanfaatkan," kata Bastian yang akan maju sebagai salah satu Calon Walikota Samarinda pada Pilkada serentak mendatang.

Ia menjelaskan, dari sisi komposisi penduduk, Kalimantan Timur adalah representasi Indonesia mini karena terdiri dari semu suku di Indonesia. "Kalau Pak Presiden memiliki visi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika maka Kalimantan Timur mampu memenuhi itu. Semua suku ada dan hidup rukun dalam keberagaman yang ada," ujarnya.

Baca Juga: Ketua MPR Minta Pemindahan Ibu Kota Dipersiapkan dengan Matang

Meski demikian, pemerintah pusat tentu saja harus melibatkan masyarakat lokal untuk bisa mewujudkan rencana besar tersebut agar bisa diterima dengan tangan terbuka.

"Kami menganggap ini baik untuk Indonesia ke depan dan tentu saja untuk Kalimantan sendiri. Kami menerima dengan tangan terbuka," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini