Daftar Kesejahteraan untuk Veteran, Diskon Kereta Api hingga Fasilitas TMP

Taufik Budi, iNews.id · Sabtu 17 Agustus 2019 13:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 16 337 2092991 daftar-kesejahteraan-untuk-veteran-diskon-kereta-api-hingga-fasilitas-tmp-RqmKQdeukh.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

SEMARANG – Para pejuang kemerdekaan atau veteran memang sepatutnya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Meski, keberanian dan pengorbanan harta benda hingga jiwa mereka tak akan tergantikan dengan materi yang diberikan.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Semarang, Herman Josef Soedjani, mengatakan, terdapat 296 veteran di Kota Semarang yang tergabung dalam organisasi yang dipimpinnya. Tak hanya veteran pria, tetapi juga terdapat belasan perempuan yang sebelumnya turut dalam perjuangan kemerdekaan.

“Kondisinya memang sudah sepuh baik yang laki-laki maupun perempuan. Usianya hampir sama yaitu sudah 90an tahun lebih,” kata pria yang akrab disapa pak Djani itu, Kamis (16/8/2019).

Menurutnya, secara bertahap pemerintah telah meningkatkan perhatian kepada para veteran. Selain tunjangan finansial setiap bulan, juga terdapat fasilitas kesehatan yang bisa mereka manfaatkan ketika menderita sakit.

“Hak yang diberikan mengenai kesehatan berupa BPJS. Kita mendapatkan ruangan kelas 1 untuk perawatan opname, dan itu tidak memandang pangkat atau golongan. Semua kelas 1,” tambah Djani yang sehari lalu baru memeriksakan diri ke dokter karena kesulitan berjalan.

Infografis Veteran

“Ada juga keringanan untuk membayar pajak bumi dan bangunan atau PBB. Lumayan keringanan sampai 75%,” lugas pria yang pernah berdinas di Ambon tersebut.

Dia juga mengatakan, fasilitas lain bisa mereka dapatkan ketika bepergian berupa potongan tarif moda transportasi. Meski demikian, belum semua moda transportasi yang menyediakan potongan tarif bagi para pejuang ini.

“Kalau bepergian juga ada keringanan untuk transportasi 30 sampai 50%. Misalnya naik kereta api, pesawat. Naik bus juga. Tapi bus tertentu, belum semua perusahaan bus memberikan (potongan tarif bagi veteran),” ucap dia.

Fasilitas lain yang diterima veteran adalah hak untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP). Lokasi pemakaman ini dikhususkan bagi mereka yang telah berjasa kepada NKRI, di antaranya pahlawan nasional, anggota militer, dan pejabat tinggi negara.

“Kemudian, kalau meninggal (dimakamkan di) TMP, Taman Makam Pahlawan. Langsung di sana (TMP). Jadi siapapun dan pangkat apapun (veteran), dan prosesi pemakaman dilakukan dengan upacara militer. Nah kalau keluarganya menghendaki lain tidak di TMP ya monggo silakan, enggak apa-apa,” tandasnya.

“Jadi agak berbeda kalau yang purnawirawan yang non-veteran itu harus mempunyai syarat tertentu misalnya harus punya bintang gerilya (untuk bisa dimakamkan di TMP). Tapi kalau yang veteran bisa langsung di TMP,” pungkasnya.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini