nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Romi Segera Diadili Atas Kasus Suap Jual-Beli Jabatan di Kemenag

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 16:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 16 337 2092870 romi-segera-diadili-atas-kasus-suap-jual-beli-jabatan-di-kemenag-3wJsxdJvH4.jpg Pemeriksaan Perdana di KPK, Romahurmuziy Lampar Senyum di Dalam Mobil Tahanan (foto: Okezone)

JAKARTA - Tersangka kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Romahurmuziy (Romi) memenuhi panggilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (16/8/2019). Dia dipanggil terkait berkas perkaranya yang sudah lengkap.

"Iya (dipanggil KPK terkait P21)" kata Romi di luar Gedung KPK, Jakarta.

Baca Juga: KPK Kembali Perpanjang Masa Penahanan Romahurmuziy 

Pemeriksaan Perdana, Romahurmuziy Tebar Senyum di Dalam Mobil Tahanan

Mantan Ketua Umum PPP itu mengaku akan duduk di kursi pesakitan pada Senin, 4 September 2019 mendatang. Namun, ia tak menjelaskan dirinya akan menjalani persidangan di daerah mana.

"Tanggal 4 September," ujar Romi.

Saat ini, Romi tengah dalam masa penahanan terakhir sebagai tersangka oleh KPK. Penahanan terakhir dilakukan selama 30 hari terhitung sejak Rabu, 24 Juli 2019.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Romi sebagai tersangka. Anggota Komisi XI DPR RI tersebut diduga terlibat kasus jual-beli jabatan di Kemenag.

Baca Juga: KPK Cegah Staf Romahurmuziy Bepergian ke Luar Negeri 

Romi ditetapkan tersangka bersama dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin.

Sejalan dengan kasus dugaan jual-beli jabatan yang menyeret Romi, KPK juga menerima banyak laporan terkait adanya indikasi korupsi sistem pemilihan rektor perguruan tinggi di bawah Kemenag.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini