nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harapan Wadah Pegawai KPK ke Jokowi Terkait Seleksi Capim

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 16 Agustus 2019 16:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 16 337 2092839 harapan-wadah-pegawai-kpk-ke-jokowi-terkait-seleksi-capim-j7q9BjYr5v.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Menyambut HUT RI ke-74, wadah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dapat memilih calon pimpinan lembaga antirasuah yang kompeten. Hal itu bertujuan untuk memperkuat posisi KPK sebagai benteng terluar pemberantasan korupsi.

"Oleh karena itu wadah pegawai KPK berharap bahwa Bapak Presiden Jokowi akan memilih calon pimpinan KPK yang mempunyai tekad kuat memberantas korupsi, rekam jejak yang baik dan integritas tinggi," kata Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap kepada wartawan, Jumat (16/8/2019).

Menurut dia, dengan memiliki pimpinan KPK yang memiliki jiwa yang berintegritas dan semangat anti korupsi yang membara, maka akan mewujudkan cita-cita Indonesia bebas dari persolan rasuah.

"Dan cita-cita pendiri negeri ini bahwa Kemerdekaan Indonesia dengan harapan rakyat Indonesia akan hidup sejahtera akan tercapai," ujar Yudi.

 Korupsi

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) berencana mengumumkan nama-nama capim KPK yang lolos profile assessment pada Jumat 23 Agustus 2019. Pansel berharap ada 20 lebih capim KPK yang lolos dalam tahapan seleksi ini.

"Pengumuman hasil profile assessment (PA) rencananya tanggal 23 Agustus 2019, setelah vendor yang melaksanakan PA menyerahkan hasilnya kepada Pansel tanggal 22 Agustus. Diharapkan 20-an capim yang bakal lolos," kata anggota Pansel Capim KPK Hendardi kepada Okezone, Selasa, 13 Agustus 2019.

Capim KPK yang lolos profile assesment akan menjalani seleksi selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan hingga wawancara dan uji publik. Rencananya tes kesehatan dilakukan pada 26 Agustus. Sedangkan wawancara dan uji publik pada 27–30 Agustus.

"Selesai tahapan akhir tersebut diharapkan keluar 10 nama capim terbaik yang akan diserahkan kepada Presiden RI pada awal September dan selanjutnya dikirim pemerintah ke DPR untuk dilakukan fit and proper test oleh DPR untuk memilih 5 orang pimpinan baru KPK," ucap Hendardi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini