nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahfud MD Sebut Ide NKRI Bersyariah Berlebihan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 15:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 16 337 2092813 mahfud-md-sebut-ide-nkri-bersyariah-berlebihan-TUsFKEXiKb.jpg Mahfud MD saat acara Focus Group Discussion di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019). (Foto : Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA – Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan (GSK) Mahfud MD mengatakan, ide NKRI bersyariah terlalu berlebihan. Bahkan bagi orang tertentu, ide tersebut bisa memancing emosi. Wacana NKRI bersyariah merupakan rekomendasi Ijtima Ulama IV.

"Kalau ada ide Indonesia bersyariah itu berlebihan. Karena Indonesia ini tanpa dikatakan pun sudah bersyariah," kata Mahfud dalam jumpa pers acara Focus Group Discussion GSK di Hotel JS Luwansa, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Indonesia disebut sudah menjalankan syariah tanpa harus menggunakan embel-embel NKRI bersyariah. Misalnya saja masyarakat Indonesia mengikuti ajaran Islam yang tulus, bersahabat dengan semua, menjunjung tinggi HAM, menegakkan hukum, dan memilih pemimpin yang adil lewat mekanisme demokratis.

"Itu bersyariah. Tidak usah (lagi-red) disebut (NKRI-red) bersyariah," tutur Mahfud.

Mahfud MD (Foto : Arie Dwi Satrio/Okezone)

Mantan Ketua MK itu mengibaratkan ide NKRI bersyariah dengan pemasangan plang menjual ikan di pasar ikan. Menurut dia, ide tersebut tidak akan efektif dan tidak perlu digelorakan.

"Karena kalau Anda menyebut Indonesia bersyariah itu sama dengan memasang plang 'kami menjual ikan' padahal sudah di dalam pasar ikan. Jadi yang dijual ikan, enggak usah ditulis lagi bahwa Anda penjual ikan. Itu berlebihan," ujarnya.


Baca Juga : Soal NKRI Bersyariah, Menhan: Syariah Itu Sudah Ada di Pancasila

"Bagi orang tertentu itu menimbulkan emosi, emosi yang salah. dari sudut konsep itu berlebihan," kata Mahfud.


Baca Juga : Mantan Wapres Try Sutrisno: Saya Tak Tahu NKRI Bersyariah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini