nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Pidato Kenegaraan, Jokowi Izin untuk Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 13:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 16 337 2092704 di-pidato-kenegaraan-jokowi-izin-untuk-pemindahan-ibu-kota-ke-kalimantan-EPzj8roQt0.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan izin pemindahan ibu kota ke Kalimantan ke DPR dalam pidato kenegaraannya dalam perayaan HUT ke-74 Tahun 2019 di Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Meski demikian, Kepala Negara belum merinci lokasi pasti dimana ibu kota baru itu berada nantinya di Pulau Borneo itu.

"Pada kesempatan yang bersejarah ini dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari bapak ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi.

 Baca juga: Jokowi : Kita Harus Siap Hadapi Ancaman Kejahatan Siber!

Baca juga: Jokowi Ingin Regulasi yang Menghambat Dicabut hingga ke Akar-Akarnya

Presiden Jokowi

Kepala Negara memaparkan alasan pemindahan ibu kota dari Jakarta tersebut. Menurut dia, pemindahan ibu kota demi terwujudnya pemerataan dan keadilan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi," sambungnya.

"Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini