nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Dua Kementerian Baru di Kabinet Kerja Jilid II, Apa Saja?

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 18:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 14 337 2091947 ada-dua-kementerian-baru-di-kabinet-kerja-jilid-ii-apa-saja-lVml1WgxFb.jpg Joko Widodo

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk nomenklatur baru di Kabinet Kerja jilid II. Namun, kementerian dan lembaga negara di pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin akan tetap berjumlah 34.

Kepala Negara mengatakan bahwa ada dua nomenklatur kementerian baru yang akan dibentuk. Pertama kata dia, Kementerian Investasi dan Kementerian Industri dan Perdagangan Internasional.

Jokowi

"Kita butuh Kementerian Investasi supaya investasi kita meningkat," kata Jokowi saat menerima para pimpinan redaksi media di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Jokowi menerangkan, Kementerian Investasi menjadi jawaban atas sulitnya birokrasi yang membuat investor tak melirik Indonesia. Ia pun ingin pengurusan izin investor bisa dilakukan hanya dalam waktu 30 menit seperti yang ada di Timur Tengah.

Baca Juga: Jokowi Bocorkan Komposisi Kabinet Kerja Jilid II: 45% Diisi Parpol, 55% Profesional

"Dalam 30 menit, urusan beres, sehingga implementasi menjadi cepat," ujarnya.

Namun, Jokowi tak akan menambah jumlah dari 34 kementerian dan lembaga negara sudah ada, ia mengaku hanya mengganti nomenklatur atau nama dari yang sudah ada. Karena menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta, menambah kementerian atau lembaga negara baru nantinya bisa berdampak semakin rumitnya pengurusan izin di pemerintahan. Hingga berita ini diturunkan, belum dijelaskan kementerian apa yang akan diganti menjadi Kementerian Investasi dan Kementerian Industri dan Perdagangan Internasional tersebut.

Bahkan, Jokowi dalam beberapa kesempatan kerap ingin membubarkan lembaga-lembaga negara yang tak berguna yang justru mempersulit masuknya investasi.

"Jumlah yang sekarang sudah pas, sehingga tidak bisa ditambah lagi," ujar dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini