nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Peleton Buru KKSB Pembunuh Briptu Hedar, Lemkapi: Sudah Seharusnya

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 08:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 337 2091636 2-peleton-diterjunkan-buru-kksb-pembunuh-briptu-hedar-lemkapi-sudah-seharusnya-WZDstkmpyy.jpg Ilustrasi pasukan kepolisian. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan mengatakan langkah petugas menerjunkan dua peleton gabungan TNI dan Polri untuk memburu kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) yang membunuh Briptu Hedar di Distrik Kusir, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, dinilai sudah tepat.

"Iya harus seperti itu," tegas Edi ketika dikonfirmasi Okezone, di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: Anggota Satgas Gakum Polda Papua yang Diculik KKSB OPM Ditemukan Tewas 

Menurut mantan komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini, pembunuhan terhadap Briptu Hedar merupakan bentuk gangguan keamanan negara. Oleh karena itu, penegak hukum harus segera melakukan tindakan tegas menindak KKSB yang sering menimbulkan ketakutan di lingkungan masyarakat.

"Karena ini sudah menyangkut gangguan keamanan negara. Penembakan terhadap Briptu Hedar, anggota Polri yang tewas setelah disandera, meminta Polri dan TNI segera melakukan tindakan hukum tegas terhadap KKSB," ujarnya.

Briptu Hedar semasa hidup. (Foto: Ist)

Maka itu, Edi meminta negara tidak kalah dengan pihak mana pun yang dapat mengganggu keamanan. Ia melanjutkan, negara juga harus bisa melindungi serta memerhatikan rakyat dan aparat yang membela kedaulatan untuk menciptakan rasa aman.

"Keamanan negara dan masyarakat serta aparat negara adalah yang utama. Kami juga berharap pimpinan Polri di Papua memerhatikan keluarga anggota yang gugur dalam tugas berat tersebut," tutur Edi.

Baca juga: Briptu Hedar Tewas Ditangan KKSB Papua, JK: Serang Balik! 

Sebagaimana diketahui, Briptu Hedar ditemukan tewas setelah sempat disandera oleh KKSB Papua pada Senin 12 Agustus 2019, sekira pukul 11.00 WIT, di wilayah Kampung Mudidok, Kabupaten Puncak Papua.

Briptu Hedar yang dikenal loyal dalam bertugas dan terhadap rekan-rekannya ini beberapa waktu kemudian ditemukan tewas dengan luka parah di kepala.

Saat ini jenazah telah berada di Bandara Moses Kilangin Timika untuk selanjutnya diterbangkan ke kampung halaman di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini