nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Prestasi Brigpol Anumerta Hedar dalam Menumpas KKSB di Papua

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 15:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 13 337 2091365 sederet-prestasi-brigpol-anumerta-hedar-dalam-menumpas-kksb-di-papua-azpk8KcFzb.jpeg Brigpol Anumerta Hedar (Foto: Ist)

JAKARTA - Brigadir Polisi (Brigpol) Anumerta Hedar meninggal setelah menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di Kabupaten Puncak, Papua. Ia sempat disandera, sebelum akhirnya ditembak kepalanya. 

Kepala Biro Penerangan Masyarkat (Karo Penmas Divisi Humas) Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Hedar memiliki sederet prestasi. Ia sangat aktif dalam satgas pengungkapan kasus yang melibatkan KKSB Papua.

Pada 3 Mei 2019, kata Dedi, Briptu Hedar berhasil melakukan aksi penggalangan terhadap jaringan Senmu Ilaga atas nama Amole dan mendapatkan 2 pucuk senjata api (senpi) laras panjang dan 1 pucuk senpi pendek beserta amunisi.

"Aksi pembebasan sandera warga Papua dan non-Papua oleh KKSB Tembagapura di Kampung Banti, Distrik Tembagapura pada 11 November 2017," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/8/2019).

Baca Juga: Sibuk di Luar, Menhan Belum Dengar Briptu Hedar Dibunuh KKSB Papua

Ilustrasi

Aksi penangkapan terhadap Yogor Telenggen, KKSB Lanny Jaya di Kampung Usir, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya pada 12 Mei 2018. Penangkapan terhadap Wuyungga Tabuni, KKSB Lanny Jaya di Kampung Usir, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya pada 1 Agustus 2018.

"Aksi penangkapan terhadap Damianus Magay Yogi Panglima KKSB Totiyo Paniai, Jemy Magay Yogi KSAD KKSB Titiyo Paniai, Jona Wenda Jubir WPNCL, dan Aloysius Kayame KKSB Totiyo Paniai KKSB di Sentani, Kabupaten Jayapura, 13 Oktober 2016," tambahnya.

Kemudian, Briptu Hedar juga menangkap Paku Wanimbo KKSB Yambi di Kampung Trikora, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya pada 21 Februari 2019. Ia juga menangkap Bumi Enumbi yang merupakan kelompok KKSB Yambi pada 21 Januari 2019 di Jembatan Kembar Yambi, Kabupaten Puncak Jaya.

"Penangkapan terhadap Wemiles Tuwolom, penyuplai Senmu KKSB Yambi, di Jayapura pada 17 Oktober 2018, dan penangkapan terhadap Longgop Telenggen KKSB Yambi, di Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya pada 20 Juli 2018," tutur Dedi.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Brigadir Anumerta Hedar Diketahui KKSB Pimpinan Yambimayu Telengen

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini