nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sumpah Setia ke NKRI, Anak Kartosuwiryo: Saya Terima Akibat Buruk Perpecahan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 13:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 337 2091294 sumpah-setia-ke-nkri-anak-kartosuwiryo-saya-terima-akibat-buruk-perpecahan-ttUajxx1ub.jpg Mengucap Ikrar Janji Setia NKRI (Foto: Fahreza/Okezone)

JAKARTA - Eks Harokah Islam Indonesia, eks Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) dan eks Negara Islam Indonesia (NII) menyatakan ikrar setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945. Momen penting itu disaksikan langsung oleh Menko Polhukam Wiranto.

Salah satu yang membaca ikrar setia kepada NKRI adalah Sarjono Kartosuwiryo. Ia merupakan anak dari pemimpin DI/TII Kartosuwiryo yang kala itu memimpin pemberontakan dengan tujuan mendirikan Negara Islam.

Sarjono mengatakan, dirinya menerima akibat buruk yang timbul dari perpecahan. Menurut dia segala bentuk perlawanan kepada negara memiliki dampak buruk yang efeknya menyasar keluarganya.

"Saya tidak bisa menilai sesuatu hal yang baik atau buruk. Itu bukan hak saya. Itu nanti Allah yang memutuskan. Tetapi saya menerima akibat yang buruk dari pada perpecahan," katanya usai berikar setia kepada NKRI di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Anak

Baca Juga: Teror di Indonesia Pengaruh DI/TII

Sarjono memerkirakan jumlah anggotanya yang masih eksis sebanyak dua juta. Ia mengimbau mereka untuk bersatu padu membangun negara Indonesia. Sebab kalau negara ini "bocor," maka yang "tenggelam" adalah masyarakat Indonesia sendiri. Ia berpesan agar masyarakat Indonesia menjaga ideologi bangsa, yakni Pancasila.

"Sebab negara ini kalau rusak bocor ya kita sendiri yang tenggelam. Jadi negara ini sudah dibela oleh semua pihak, pertama ada TNI kalau diserang dari luar, TNI yang bertindak. Kalau serangan dari dalam ada polisi, kalau ada yang korupsi ada lagi KPK, kalau narkoba ada BNN, kalau ada yang memecah ideologi, kitalah bagian yang harus membela ideologi ini," tuturnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini