Share

Ketua DPR Ingin Wacana GBHN Dikaji Lebih Dalam

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 13 Agustus 2019 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 13 337 2091254 ketua-dpr-ingin-wacana-gbhn-dikaji-lebih-dalam-eaw3zaps6t.jpg Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (foto: Sindo)

JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menginginkan agar wacana penghidupan kembali Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN), terlebih dahulu dikaji lebih mendalam sebelum diputuskan untuk mengamandemen UUD 1945.

Menurut Bamsoet, dinamika ekonomi dunia hingga politik global sudah sangat berbeda ketimbang pada 20 atau 50 tahun silam.

"Jadi apakah GBNH ini perlu atau tidak, ini harus kita kaji melibatkan seluruh rakyat kita, akademisi juga karena begitu kita putuskan maka itu akan mengikat puluhan tahun ke depan, karena itu garis besar haluan negara kita, sementara dinamika ekonomi politik global itu sangat cepat, apakah ini masih tepat kita menggunakan platform GBHN? Karena dunia setiap hari berubah," kata Bamsoet di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

 Baca juga: Menkumham: Parpol Sudah Sepakat Hidupkan GBHN dengan Amandemen UUD 1945

Bamsoet memastikan, DPR akan memperjuangkan penghidupan GBHN bila hasil kajian tersebut menjawab keinginan rakyat.

"Tapi kalau rakyat mengatakan tidak membutuhkan karena tidak menjawab tantangan zaman ya kita akan mengikuti kehendak rakyat," imbuhnya.

 Baca juga: Titiek Soeharto Ingin GBHN Dihidupkan Kembali

Politisi Partai Golkar itu meminta sebaiknya partai politik dan MPR tak terburu-buru mengamandemen UUD 1945 hanya karena ingin menghidupkan kembali GBHN.

"Sebaiknya pendalaman dan kajian soal GBHN. Meskipun suara-suara makin nyaring sekarang ini walau makin nyaring bahwa dunia ini berubah," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini