nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Jateng Ajak Masyarakat Indonesia Ambil Hikmah Idul Adha untuk Hindari Perpecahan

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 13:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 11 337 2090508 kapolda-jateng-ajak-masyarakat-ambil-hikmah-idul-adha-untuk-hindari-indonesia-dari-perpecahan-x2MZjOuX02.jpg Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel Memberikan Hewan Kurban di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang (foto: Taufik Budi/iNews)

SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel menjadi khatib Salat Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang. Sembari berseragam polisi lengkap, jenderal bintang dua itu juga mengalungkan surban warna putih di leher.

Saat di mimbar khatib, Rycko mengisahkan tentang kerelaan Nabi Ibrahim untuk berkorban demi menjalankan perintah Allah SWT. Bahkan, Nabi Ibrahim menyerahkan anak kesayangannya Ismail, untuk dikurbankan di Jabal Qurban. Dan akhirnya Malaikat Jibril turun dengan membawa domba untuk pengganti Ismail, yang di kemudian hari juga menjadi seorang nabi.

Baca Juga: Viral Salat Idul Adha Bubar Gara-Gara Teriakan Sapi Lepas 

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (foto: Taufik Budi/Okezone)

"Hikmah pada Hari Raya Idul Adha menjadi sangat berarti di saat bangsa kita sedang menghadapi berbagai tantangan mulai dari bencana, kerusuhan, konflik yang sampai memakan korban yang disebabkan oleh arogansi orang atau kelompok. Dan ada upaya adu domba dengan kondisi seperti ini kita harus bisa mencegah dan mengantisipasi," kata Rycko saat di mimbar, Minggu (11/8/2019).

Dia juga menyampaikan tentang kondisi Bangsa Indonesia yang terdiri beragam suku dan agama. Meski demikian, setiap anak bangsa wajib menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya kerukunan serta menghindari konflik sosial.

"Kita sadari dalam keberagaman ini marilah kita bersatu padu untuk mencegah terjadinya konflik, menghindari perpecahan antarumat muslim dan umat beragama lain dengan prinsip keadilan sosial dan pemerataan jangan menonjolkan sikap fanatisme terhadap keyakinan kita masing-masing," tambahnya.

Usai khotbah, ribuan jemaah Salat Id bersalam-salaman sambil mengumandangkan tasbih, tahmid, dan takbir. Kegiatan dilanjutkan penyerahan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dari Kapolda Jateng kepada Ketua DPP MAJT.

Baca Juga: Menpan RB hingga Menteri ATR/BPN Salat Idul Adha di Istiqlal

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (foto: Taufik Budi/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini