nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Enzo Dituding Terafiliasi HTI, BIN Minta Masyarakat Bertabayun

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 17:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 10 337 2090258 enzo-dituding-terafiliasi-hti-bin-minta-masyarakat-bertabayun-W7fB6eUOjP.jpg Diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Enzo, Pemuda, dan Kemerdekaan (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Enzo Zenz Allie (18), seorang remaja blasteran Prancis-Indonesia yang lulus menjadi salah satu Calon Taruna (Catar) Akademi Militer (Akmil) 2019 dituding terafiliasi dengan ormas terlarang di Indonesia, yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto meminta masyarakat untuk tak mengeluarkan pendapat yang macam-macam, sehingga menimbulkan keresahan di publik. Ia menyarankan seluruh pihak untuk bertabayun dahulu sebelum menuduh tanpa bukti.

"Tabayun ini kan tentu mekanisme yang ada di tubuh tim seleksi disana kan sudah ada standar opeasional prosedur (SOP) yang ada, dan memang selama pendidikan pun dia akan terus dipantau," kata Wawan dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk 'Enzo, Pemuda dan Kemerdekaan' di Jakarta Pusat, Sabtu (10/8/2019).

Baca Juga: 5 Fakta Sosok Taruna Akmil Enzo Allie yang Blasteran Prancis 

Enzo

Dia menyebutkan, dalam proses pendidikan nanti pun calon taruna Akmil akan ada melalui berbagai tahapan penilaian yang ketat untuk mengetahui ideologi yang dianutnya.

"Oleh karenanya ini akan ada suatu langkah langkah yang mesti diambil oleh panitia seleksi, kemudian dari akmil sendiri untuk melakukan verifikasi," kata dia.

Menurut dia, seorang perwira di lembaga militer seperti TNI itu tak boleh memiliki ideologi selain Pancasila. Sebab, mereka merupakan garda terdepan dalam memperjuangkan keutuhan NKRI.

"Kata kuncinya adalah dia harus steril dari hal-hal yang ideologi berbeda. Ini sangat rawan, sangat rentan, maka kita tidak boleh main-main apalagi ada selama ini terjadi aparat yang justru berbelok, ada kan? fakta ini," ujarnya.

Baca Juga: Sang Ibu: Enzo Ingin Jadi Prajurit TNI karena Terkesan Cerita Kakeknya soal Sejarah Perang 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini