Share

Anies Janji Siapkan Kantor Diaspora Indonesia di Jakarta

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 10 Agustus 2019 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 10 337 2090231 anies-janji-siapkan-kantor-diaspora-indonesia-di-jakarta-zSDJoF40sy.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Fahreza Rizky)

JAKARTA - Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan berjanji akan membuat kantor khusus untuk Indonesian Diaspora Network (IDN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Kantor tersebut dapat digunakan sebagai transisi sebelum diaspora mendapat tempat kerja permanan di Tanah Air.

"Kami di pemprov sudah siapkan di Jakarta sebuah ruangan untuk kantor IDN. Dan kami akan fasilitasi bagi talen-talen lokal yang pulang ke Indonesia untuk mempunyai kantor sementara sampai mereka mendapatkan aktivitas yang permanen," kata Anies usai menghadiri Kongres ke-5 Diaspora Indonesia di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

Baca Juga: Dino Patti Djalal Usul Pemerintah Bentuk Badan Nasional Diaspora Indonesia 

Kongres Diaspora Indonesia

Anies menuturkan, lokasi persis kantor IDN di Jakarta akan dibicarakan terlebih dahulu dengan seluruh stakeholder dan jajarannya. Sebab, pendirian kantor IDN akan menggeser space lainnya. Namun, ia mengatakan punya beberapa opsi untuk pendirian kantor tersebut, yakni di Kuningan dan Gatot Subroto.

"Nanti saya harus bicara dulu. Karena harus menggeser space. Karena kita punya tempat di Kuningan, Gatot Subroto, dan kami punya tempat di lokasi itu sehingga mereka berada di pusat atau jantung perekonomian Indonesia. Mereka lebih mudah mobilitasnya karena kami punya tempat," tutur dia.

"Jadi, intinya buat teman-teman, kami mengalami kok mau pulang seperti ini. Ini soft landing atau hard landing. Ini selalu dirasakan sepeti ini. Pemerintah akan fasilitasi dan IDN akan berkantor di sana," sambungnya.

Lebih lanjut, Anies mengaku pernah merasakan menjadi diaspora yang baru saja pulang ke Indonesia. Kala itu ia bekerja di Amerika Serikat (AS) dan pulang ke Jakarta pada tahun 2005. Namun Anies merasa bingung ingin memulai aktivitasnya setelah kembali ke Tanah Air karena kurangnya perhatian khusus kepada diaspora. Berbekal pengalamannya itulah, Pemprov DKI akan menyiapkan kantor khusus untuk IDN.

"Jadi, saya langsung konkret siapkan itu (kantor untuk IDN) dan undang masyarakat bisnis di Jakarta yang relavan oleh ide-ide yang dimiliki diaspora untuk betemu. Pemprov akan menjadi fasilitator bagi diaspora Indonesia yang pulang atau berencana pulang untuk bertemu dengan komunitas bisnis dan civil society di sini," ucapnya.

Baca Juga: Diaspora Diajak Bergerak Wujudkan Cita-Cita Indonesia Jadi Negara Maju di 2045

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Lalu ide mereka yang terkait dengan kota kami menyambut baik. Tapi sebenarnya membuat diaspora itu yakin kalau pulang pemerintah akan fasilitasi. DKI aka lakukan itu dan kami siapkan di sini," tukas Anies.

Sebelumnya, Founder IDN Global, Dino Patti Djalal meminta Pemerintah Daerah (Pemda) menyiapkan kantor unit yang menangani diaspora. Selain itu, Dino juga mengusulkan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) direvisi namanya supaya bisa mengakomodir kepentingan diaspora.

"Perlu Badan Nasional Diaspora Indonesia. Usulan kita BNP2TKI direvisi jadi Badan Nasional TKI dan Diaspora Indonesia," tutur Dino.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini