nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasto Sukses Antarkan PDIP Menang Pemilu, Wajar Kembali Ditunjuk Jadi Sekjen

Abdul Rochim, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 10 337 2090198 hasto-sukses-antarkan-pdip-menang-pemilu-wajar-kembali-ditunjuk-jadi-sekjen-CM2pXPRSym.jpg Tjahjo Kumolo (Foto: Abdul Rochim)

DENPASAR - Politisi senior PDIP yang juga Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai wajar keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang kembali memilih Hasto Kristiyanto sebagai sekretaris jenderal (sekjen) pada kepengurusan partai Periode 2019-2024.

Tjahjo yang juga pernah menjabat sebagai Sekjen PDIP sebelum akhirnya ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Mendagri, menilai ada sejumlah pertimbangan Megawati kembali mempercayai Hasto sebagai sekjen.

"Sebagai sekjen, menang pemilu juga sebagai sekretaris timses Pak Jokowi dan menang pilpres," ujar Tjahjo kepada wartawan di arena Kongres, Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Menurut Tjahjo, Hasto mampu membawa partai ke arah yang lebih baik dan secara gotong royong dan bersama-sama membantu organisasi PDIP. Tjahjo menyebut Hasto sebagai salah seorang kepercayaan Megawati.

Baca Juga: Ini Susunan Pengurus DPP PDIP 2019-2024 yang Dibentuk Megawati

Ibarat presiden, dia menilai Megawati harus punya pembantu yang dipercaya. Mereka yang dipercaya yakni yang terbukti mampu melalui rekam jejak masing-masing.

Kongres PDIP

Selain itu, Tjahjo menyebut jabatan dua kali untuk sekjen yang sebelumnya tidak pernah terjadi di tubuh PDIP, sebenarnya tak pernah diatur dalam ketentuan organisasi.

"Saya kira tidak ada masalah dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai tidak disebutkan," ujar dia.

Menurut Tjahjo, 27 nama yang dikukuhkan sebagai struktural partai sebelum penutupan kongres hari ini, dipercaya membawa kebijakan politik selanjutnya.

"Struktur baru ini sudah menggambarkan semangat menghadapi tantangan. Saya kira ini ada kombinasi-kombinasi yang masih muda," tuturnya.

Baca Juga: Megawati Kembali Jadi Ketum, Bagaimana Regenerasi PDIP?

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini