nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkominfo Blokir 11.800 Situs Berkonten Radikalisme

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 14:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 10 337 2090197 kemenkominfo-blokir-11-800-situs-berkonten-radikalisme-YoDpotr8Ky.jpg Diskusi Polemik MNC Trijaya 'Enzo, Pemuda dan Kemerdekaan' di Jakarta (Fadel/Okezone)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memblokir lebih dari 11.800 website atau situs yang kontennya bermuatan radikalisme dam terorisme. Situs itu ditutup paksa karena dianggap berbahaya terhadap keutuhan NKRI.

"Total (situs) yang diblokir sudah lebih dari 11.800 website yang berkonten radikalisme sejak 2009," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Enzo, Pemuda dan Kemerdekaan' di sebuah restoran di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/8/2019).

Pemblokiran situs-situs radikalisme tersebut, menurutnya, sudah sesuai dengan prosedur yang ada.radikalisme

Berdasarkan hasil kajian dari beberapa lembaga survei, kata dia, diketahui banyak masyarakat terutama anak muda yang sudah terpapar paham radikal melalui media sosial. Anak-anak pengguna medsos yang tak dibatasi oleh orangtuanya juga ikut terpengaruh radikalisme dari medsos.

Ia menilai perilaku radikalisme itu sudah mengakar ke seluruh lapisan masyarakat. Salah satu indikasinya banyak anak muda yang tidak bisa menerima pendapat yang berbeda.

"Cukup banyak anak muda yang terpapar radikalisme. Ketika melihat golongan mereka merasa tidak nyaman. Kita tidak ingin ketika berbeda pendapat atau pandangan jadi bermusuhan," ujarnya.

Menurut dia, kini kehidupan di dunia nyata sudah sangat bergantung kepada sosial media. Oleh sebab itu, Kemenkominfo sekarang gencar memberi edukasi ke seluruh daerah di Indonesia tentang tata cara penggunaan internet secara baik dan benar.

"Setiap hari selalu datang untuk, menggunakan internet secara baik dan benar. Anak muda sudah tidak bisa dijauhkan dari internet," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini