nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puan Sebut Nama Calon Menteri dari PDIP Sudah di Kantong Megawati

Abdul Rochim, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 14:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 09 337 2089829 puan-sebut-nama-calon-menteri-dari-pdip-sudah-di-kantong-megawati-aZ74TvO5cB.jpg Puan Maharani (Foto: Okezone)

DENPASAR - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri secara terbuka meminta jatah menteri terbanyak kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Kabinet Kerja jilid II.

Permintaan itu disampaikan langsung dan terbuka di hadapan Jokowi, wakil presiden terpilih KH Ma'ruf Amin, para ketua umum partai politik dan peserta Kongres saat memberi sambutan pembukaan Kongres V di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis 8 Agustus 2019.

Ketua DPP PDIP (demisioner) Puan Maharani mengatakan, partainya sudah menetapkan nama calon menteri disodorkan kepada Jokowi.

"Ya nama-nama udah ada dong, partai sebesar ini masa enggak punya nama," tutur Puan yang juga menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini di arena Kongres V PDIP, Hotel Grand Inna Bali Beach, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga: Akankah Hasto Kristiyanto Digeser dari Posisi Sekjen PDIP?

Kongres PDIP

Ketika didesak menyebutkan siapa nama-nama calon menteri yang akan disodorkan kepada Jokowi, putri Megawati ini hanya mengatakan, "Ya banyak, ya menurut kalian siapa? Contoh dari kalian siapa yang pantas? Bingung kan? Ya udah nanti aja lihat," katanya.

Apakah dirinya akan kembali didapuk sebagai menteri pada kabinet mendatang atau seperti yang santer disebut bahwa dirinya akan didaulat menjadi ketua DPR? "Ya lihat lagi nanti ya, tunggu nanti. Nama sudah ada di kantong ketua umum. Kita juga sudah membahas terbatas, tertutup ya, tapi ya nantilah. Masih Oktober kok, masih lama," ujarnya.

Baca Juga: Megawati Minta Banyak Menteri, Djarot: Ibu Tidak Pernah Sembunyi-Sembunyi

Apakah jumlah nama menteri yang disiapkan lebih dari sepuluh orang mengingat Megawati meminta jatah menteri terbanyak di antara parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) lainnya? Ya lebih dari 10 (nama calon) lah. Kan kemarin Presiden bilang bahwa insya Allah PDIP akan mendapatkan posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak dan merupakan partai pemenang pemilu," urainya.

Mengenai permintaan partai politik lainnya seperti PKB atau NasDem yang juga menginginkan mendapatkan jatah menteri yang juga banyak, Puan mengatakan bahwa hal itu merupakan hak semua partai politik.

"Ada yang ikhlas, nggak ikhlas, ya nanti kita lihat saja dari hasil perolehan suaranya di pemilu. Itu aja buat PDIP," katanya.

Dikatakan Puan, dalam pemilu partai politik harus berusaha untuk bisa meraih suara terbanyak dan kepercayaan dari rakyat. Selanjutnya, setelah mendapatkan kepercayaan rakyat dengan perolehan suara terbanyak maka harus membantu pemerintahan dalam menyejahterakan rakyat.

"Ya kita harus masuk ke kabinetnya. Nggak bisa di luar teriak-teriak karena kita harus bisa masuk di dalamnya," urainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini