nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akankah Hasto Kristiyanto Digeser dari Posisi Sekjen PDIP?

Abdul Rochim, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 14:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 09 337 2089811 akankah-hasto-kristiyanto-digeser-dari-posisi-sekjen-pdip-QQOigGsEAn.jpg Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Ist)

DENPASAR - Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berlangsung mulai 8-11 Agustus 2019 di Sanur, Denpasar, Bali. Hingga saat ini, baru posisi Megawati Soekarnoputri yang kembali dikukuhkan sebagai ketua umum periode 2019-2024.

Sementara struktur kepartaian lainnya masih dimesioner. Salah satu posisi strategis dalam kepartaian adalah jabatan sekretaris jenderal (sekjen) yang dalam periode sebelumnya dipegang Hasto Kristiyanto.

Dalam sejarah kepartaian di PDIP, posisi sekjen tidak pernah berulang dua periode. Mungkinkan akan ada sejarah baru, sekjen menjabat dua periode yang artinya tetap kembali dipegang Hasto Kristiyanto?

Baca Juga:  Megawati Kembali Jadi Ketum, Bagaimana Regenerasi PDIP?

Kongres PDIP

Atau kah nama Ahmad Basarah yang saat ini menjadi Wakil Sekjen naik pangkat menjadi Sekjen? Terkait hal ini, Hasto mengatakan, soal posisi sekjen selanjutnya diserahkan sepenuhnya kepada Megawati sebagai ketua umum.

"Nanti Bu Ketua Umum ya. Semuanya, baik Pak Ahmad Basarah juga sosok yang (menjabat) Wakil Ketua MPR, kemudian doktor ideologi Pancasila, ya sebagai partai pelopor, kita memerlukan kepemimpinan yang sangat memahami ideologi seperti itu," ujar Hasto kepada wartawan di arena Kongres, Hotel Grand Inna Bali Beach.

Bila didapuk kembali didapuk sebagai sekjen untuk kedua kalinya, Hasto mengatakan bahwa dalam konteks sejarah partai, sebagai partai pelopor, semua kader harus siap untuk diberi tugas apa pun. 

"Jadi, anak ranting itu juga posisi yang tidak kalah terhormat karena Ibu selalu menegaskan sebagai petugas partai itu kita punya tanggung jawab yang sama, kewajiban yang sama sebagai anggota dalam menjaga citra partai," ujarnya.

Baca Juga: Megawati: Tak Ada Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum di PDIP

Karena itu, menurut Hasto, dalam hal siapa sekjen berikutnya maupun siapa yang akan memegang kendali di tingkat anak ranting, dalam hal itu PDIP tidak pernah membedakan pangkat politik.

Mengenai kemungkinan posisi sekjen dua periode, Hasto kembali menekankan itu menjadi kewenangan Megawati sebagai formatur tunggal Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PDIP. Sedangkan hingga kini, mengenai AD/ART belum dibahas.

"Segala sesuatunya nanti Ibu Ketua Umum yang mengatur di dalam kewenangan Beliau sebagai formatur tunggal di AD/ART. Di AD/ART kan belum dibahas. AD/ART nanti kita tunggu pemebahasannya. Kan ini hak anggota. Saya sudah gak punyak hak dalam menyampaikan kebijakan karena sudah demisioner," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini