nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diminta Lengkapi Persyaratan SKT, FPI : Apa yang Kurang Menurut Kemendagri?

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 07:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 09 337 2089660 diminta-lengkapi-persyaratan-skt-fpi-apa-yang-kurang-menurut-kemendagri-hnKDb7dJiU.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Front Pembela Islam (FPI) untuk melengkapi Surat Keterangan Ter‎daftar (SKT) sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) jika ingin berdialog soal “khilafah” yang ada dalam AD/ART.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Bantuan Hukum FPI, Sugito Atmo Prawiro, justru mempertanyakan kembali kepada Kemendagri persyaratan apa yang kurang dari pihaknya. Sebab, menurut Sugito, semua persyaratan dari internal FPI telah dilengkapi.

‎"Melengkapi persyaratan apa yang kurang menurut Kemendagri? Karena setahu saya ting‎gal rekomendasi dari Kementerian Agama. Karena kan ormas Islam," kata Sugito kepada Okezone, Jumat (9/8/2019).

FPI

Sugito menjelaskan, permasalahan kurangnya persyaratan ‎FPI bukan ada di pihaknya. Melainkan, ada di Kementerian Agama (Kemenag). Kemenag, kata Sugito, belum mengeluarkan rekomendasi sebagai syarat untuk perpanjangan izin SKT FPI.

"Karena itu sudah diajukan cukup. Ini yang jadi masalah kenapa enggak dikeluarkan oleh Kemenag?" tanyanya.


Baca Juga : Ada Peran Pengusaha 'Bisnis Haram' di Balik Desakan Pembubaran FPI

FPI mendesak Kemenag mengeluarkan secepatnya syarat rekomendasi tersebut. Dia berharap lamanya proses pemberian rekomendasi dari Kemenag bukan suatu unsur kesengajaan.


Baca Juga : FPI Ajak Pemerintah Bahas Khilafah, Kemendagri: Lengkapi Dulu Persyaratannya!

"Iya kami mempertanyakan. Semoga bukan karena faktor kesengajaan," ujarnya.

(erh)

Berita Terkait

FPI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini