Share

OTT KPK di Jakarta Diduga Terkait Suap Impor Bawang Putih

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 08 Agustus 2019 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 08 337 2089199 ott-kpk-di-jakarta-diduga-terkait-suap-impor-bawang-putih-Up70E2Vn87.jpg Ketua KPK, Agus Rahardjo (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 11 orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di daerah Jakarta Selatan sejak Rabu tadi malam hingga Kamis (8/8/2019).

Operasi senyap tersebut diduga berkaitan dengan kasus dugaan suap rencana impor bawang putih ke Indonesia. Tim telah mengantongi bukti-bukti awal terkait dugaan suap tersebut.

โ€Ž"KPK sebelumnya menerima informasi akan terjadi transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia. Setelah kami cek di lapangan, diketahui ada dugaan transaksi menggunakan sarana perbankan," kata Ketua KPK, Agus Rahardjo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (8/8/2019).

Dijelaskan Agus, 11 orang yang tertangkap tangan tersebut terdiri dari pengusaha importir, seorang sopir, dan tangan kanan atau orang kepercayaan anggota DPR.

"11 orang terdiri dari unsur swasta pengusaha importir, sopir dan orang kepercayaan anggota DPR RI, sopir dan pihak lain," jelasnya.

Pantauan Okezone, tim membawa sejumlah pihak yang diamankan dalam OTT tersebut secara bertahap sejak Rabu malam sekira pukul 22.โ€Ž14 WIB ke dalam area Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Mobil tersebut terpantau membawa sejumlah pihak yang diamankan dalam OTT tersebut.

Ilustrasi Koruptor

Kemudian, tim kembali membawa sejumlah orang sekira pada pukul 04.15 WIB, dini hari. Hingga pagi ini, total ada 11 orang yang diamankan dalam OTT tersebut dan kemungkinan masih akan โ€Žbertambah jumlahnya.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan.โ€Žโ€Ž Saat ini, pihak-pihak yang diamankan masih menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini