nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Diminta Tunggu Hasil Investigasi soal Listrik Padam Massal

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 07:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 08 337 2089180 masyarakat-diminta-tunggu-hasil-investigasi-soal-listrik-padam-massal-4OkgZy6LR3.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Insiden listrik padam massal beberapa waktu lalu membuat banyak pihak menyudutkan PLN yang dianggap tidak profesional dalam mengelola listrik. Namun, pengamat sosial Elita Purnamasari justru berpendapat lain. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak terus menerus menyudutkan PLN atas insiden padamnya listrik di sebagian Pulau Jawa.

"Kita ini butuh listrik, jadi jangan hajar terus PLN," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Bahkan dirinya menyesalkan adanya rencana gugatan oleh sejumlah pihak yang ditujukan kepada PLN. "Seharusnya mereka punya back-up jika terjadi pemadaman itu. Jadi, tidak bisa begitu saja menyalahkan perusahaan listrik milik negara itu," tuturnya.

Lebih lanjut dirinya juga meminta kepada sejumlah pihak berkaca pada daerah-daerah lain di Indonesia, di mana beberapa daerah kerap mengalami listrik padam, bahkan masih ada juga yang belum teraliri listrik.

Baca juga: Fadli Zon Minta PLN Diinvestigasi dan Diaudit

“Ini bisa juga menjadi peringatan kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang biasa hidup dengan kemewahan, serba wifi dan serba canggih, di sisi lain ada daerah yang tidak memiliki fasilitas mewah seperti Jakarta. Ini saya yakin di luar kemampuan PLN dan tanpa unsur kesengajaan,” ucap dia.

Plt Dirut PT PLN (Persero)

Dia lantas mengimbau semua pihak menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak kepolisian. Karena belum ada suatu putusan hukum yang menyatakan ada unsur kesengajaan, maka tidak bisa dituntut class action.

Baca juga: Polri Tak Pungkiri Kemungkinan Sabotase dalam Mati Listrik Massal

"Belum ada hasil audit dan konfirmasi yang menyatakan PLN bersalah, PLN juga sudah dipanggil DPR, artinya sudah diminta pertanggungjawabannya. Oleh karena itu, kita tunggu hasilnya baru kita bisa tahu apakah ini kesalahan PLN ataukah karena bencana," katanya.

Dirinya berencana akan mendatangi kantor Ombudsman Republik Indonesia (ORI) hari ini untuk memberikan input terkait kasus listrik padam massal tersebut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini