Menuju Pilkada 2020, Mafindo Akan Telusuri Daerah Rawan Konflik karena Hoaks

Sarah Hutagaol, Okezone · Rabu 07 Agustus 2019 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 07 337 2089081 menuju-pilkada-2020-mafindo-akan-telusuri-daerah-rawan-konflik-karena-hoaks-kx9Iyx3pTK.jpg Diskusi Google News Initiative di Jakarta Pusat (Foto: Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Ketua Presidium Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho mencatat kurang lebih terdapat 100 hoaks setiap bulannya pada masa-masa pemilihan umum (Pemilu) dan juga pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

Berakhirnya Pilpres, Septiaji menyebutkan hoaks bertemakan politik pun berangsur berkurang. Namun, untuk pesta demokrasi selanjutnya, yakni pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2020 mendatang pihaknya belum mengetahui banyaknya hoaks yang muncul.

Baca Juga: Anak Jokowi Masuk Bursa Cawalkot Solo, Luhut: Kalau Dia Mau, Rakyat Mau, Bagus Juga

Oleh sebab itu, untuk menangkal akan bahaya dari hoaks pada Pilkada 2020, Septiaji mengungkapkan akan memprioritaskan daerah-daerah yang rawan terjadinya konflik.

"Nah, kita belum tahu, tapi kami belajar dari pengalaman di beberapa daerah, prinsipnya adalah di mana titik-titik rawan konflik itu yang akan menjadi prioritas kami untuk melakukan fact checking," ujar Septiaji dalam konferensi pers Google News Initiative, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Ilustrasi

"Misalnya, ketahuan dari Bawaslu, Polri menyampaikan ada provinsi yang atau kabupaten yang rawan konflik gara-gara pilkada itu nanti akan menjadi prioritas di tim fast checking kami," imbuhnya.

Baca Juga: PDIP Tak Akan Mencalonkan Kepala Daerah dari Partai Lain di Pilkada 2020

Septiaji mengakui tak akan bisa untuk menghentikan penyebaran informasi, namun setidaknya bisa membantu menangkal hoaks yang bisa menimbulkan kerusuhan atau konflik.

"Karena kalau menghentikan hoaks kan enggak mungkin, tetapi menghentikan hoaks yang berdampak, berdampak yang menyebabkan kerusakan, kerusuhan atau konflik, itu yang menjadi prioritas," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini