nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Enzo Blasteran Indonesia-Prancis Lolos Akmil Ditanggapi Komisi I

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 13:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 07 337 2088861 viral-enzo-remaja-blasteran-indonesia-prancis-lolos-akmil-ditanggapi-komisi-i-iAZHrMv0QH.jpg Enzo (Foto: Instagram)

JAKARTA - Enzo Zenz Allie (18) dinyatakan memenuhi syarat dan lolos mengikuti seleksi Akmil TNI. Namanya viral setelah videonya saat ditanya pada tes akhir yakni pantukhir bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beredar di media sosial.

Menariknya Enzo merupakan seorang remaja yang memiliki darah blasteran yakni keturunan Indonesia-Prancis sehingga mencuri perhatian.

Merespons hal itu, Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari tidak mempermasalahkan remaja keturunan Prancis tersebut yang masuk dan diterima sebagai Akmil TNI. Asalkan persyaratan yang ada telah terpenuhi.

"Coba lihat syarat masuk Akmil, apakah ada yang memenuhi syarat apa enggak (memenuhi syarat, kalau memenuhi) ya sudah," kata Kharis kepada Okezone, Rabu (7/8/2019).

Enzo sendiri telah lolos persyaratan dan lolos mengikuti seleksi Akmil setelah ini dirinya akan menjalani pendidikan Candradimuka bersama teman satu angkatannya yang dimulai pada 30 Oktober 2019 mendatang.

Enzo

Baca Juga: Panglima: Enzo Penuhi Syarat Jadi Prajurit TNI

Kharis meminta untuk tidak perlu khawatir dan dipermasalahkan akan nasionalisme remaja tersebut, nantinya dalam pendidikan lanjutan di Akmil Enzo akan ditempa dan diisi dengan pemahaman yang baik sehingga tunduk terhadap NKRI.

Kendati begitu nantinya tetap harus dilihat bagaimana perkembangan pemuda tersebut apakah ada potensi menentang NKRI atau justru sebliknya dengan begitu masuknya Enzo tidak menjadi masalah.

"Tergantung selama pendidikan di akmil, jika selama pendidikan di Akmil baik dan nasionalismenya makin kuat ya enggak masalah," ungkapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, Enzo adalah anak dari almarhum Jeans Paul Francois Allie dan Siti Hajah Tilaria yang berasal dari Sumatera Utara.

Dirinya lahir di Prancis dan menghabiskan masa kecil di negara asal ayahnya tersebut. Dua tahun setelah ayahnya meninggal, tepatnya pada 2014, ia dan sang ibu kembali ke Indonesia.

Sejak kecil, Enzo memiliki keinginan menjadi seorang taruna. Dirinya mengetahui informasi seputar prajurit TNI dari ibunya. Sehabis melanjutkan pendidikan SMP dan SMA di Indonesia, dan bahkan sempat masuk pesantren di Serang, ia memantapkan tekad untuk mengikuti seleksi Akmil 2019.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini