nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosok Mbah Moen Zubair di Mata Mereka

Salman Mardira, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 09:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 07 337 2088731 sosok-mbah-moen-zubair-di-mata-mereka-rsy3XYnzUH.jpg KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen (Istimewa)

JAKARTA – Ulama kharismatik asal Jawa Tengah, KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen meninggal dunia di sela beribadah haji di Makkah, Arab Saudi, Selasa 7 Agustus 2019. Duka atas kepergian sang kiai masih terasa. Sosoknya dianggap istimewa. Indonesia merasa kehilangan.

Di mata banyak orang, Mbah Moen bukan hanya sekadar sosok alim dari sisi ilmu agama. Ia juga dianggap sebagai pendidik, tokoh bangsa yang menginspirasi dan berkontribusi besar terhadap keutuhan NKRI.

“Kita tahu bahwa beliau adalah kiai kharismatik, kiai yang selalu menjadi rujukan-rujukan bagi umat Islam, terutama dalam hal fikih, dan beliau juga sangat gigih dalam menyampaikan masalah NKRI harga mati," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), kemarin.

“Kita sangat kehilangan, saya atas nama pemerintah, seluruh rakyat Indonesia kita semua betul-betul berbela sungkawa, atas wafatnya beliau.”Jokowi-Mbah Moen

Presiden Jokowi bersama Mbah Moen (ANTARA)

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang turut memimpin prosesi pemakaman Mbah Moen di Ma’la, kompleks pemakaman tertua di Makkah bersaksi bahwa almarhum adalah ulama yang dihormati karena kedalaman ilmunya dan kepedulian terhadap bangsa.

"Beliau sering sekali hampir selalu dalam ceramah-ceramahnya itu menunjukkan kecintaan yang luar biasa kepada Tanah Air," katanya.

Baca juga: Jenazah Mbah Moen Disalatkan di Masjidil Haram, Dimakamkan di Ma'la

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan Mbah Moen adalah ulama yang selalu menjadi pelurus pemahaman Islam yang salah kaprah.

"Sosok yang selalu meluruskan berbagai pemahaman yang menjurus ke radikalisme. Mbah Moen lah yang menarik pemahaman yang terlalu ke kanan menjadi ke tengah dalam sisi pandangan agama."

Baca juga: Mbah Moen, Doa yang Terkabul hingga Langit Makkah Menangis

Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pendeta Gomar Gultom mengatakan, Mbah Moen adalah sosok kiai yang patut menjadi teladan bagi ulama dan tokoh agama yang ada di Indonesia.

“Dari ragam hiruk piruk kontestasi politik dan agama, beliau selalu hadir dengan keteduhan. Olehnya, kepergian beliau tidak hanya kehilangan bagi PPP maupun NU, tidak juga hanya kehilangan bagi umat Islam, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia,” kata Gomar.Pemakaman Mbah Moen

Lokasi pemakaman Mbah Moen (Widi/Okezone)

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menggap Mbah Moen sebagai “sosok yang gigih sampai usia lanjut, tidak kenal lelah berkontribusi dalam pergumulan politik nasional.”

Baca juga: Mbah Moen, Solo dan Daging Kambing

Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini mengatakan, kepergian Mbah Moen membuat Indonesia kehilangan tokoh panutan, pemimpin dan pengayom umat.

"Mbah Maimun Zubair merupakan sosok yang gigih untuk memperjuangkan nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Indonesia-an. Salah satu upaya penting yang dilakukan oleh KH Maimun Zubair adalah menegaskan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT atas perjuangan yang penuh dengan kesungguhan dan menghapuskan penjajahan,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenang Mbah Moen sebagai sosok yang selalu memberikan pesan tentang semangat kebangsaan, patriotisme dan kenegaraan.

“Beliau ini sosok kiai yang nasionalis yang menjadi rujukan hampir semua orang. Beliau seorang kiai yang sangat rendah hati dan sangat penyayang,” kenang Ganjar.

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang hadir dalam pemakaman KH Maimoen Zubair mengatakan, "Mbah Moen orang baik."

Baca juga: Mbah Moen Zubair Meninggal di Makkah, Prabowo Ajak Umat Islam Salat Gaib

Di mata Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212, Slamet Ma’arif, Mbah Moen adalah "ulama yang karismatik, rendah hati, alim, merangkul semua golongan, dan tidak gampang menyalahkan pendapat orang lain."

Karo Penmas Divis Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan Mbah Moen "sosok kiai NU yang memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini