nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istana soal Ijtima Ulama IV: Kita Bukan Negara Islam!

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 05:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 07 337 2088682 istana-soal-ijtima-ulama-iv-kita-bukan-negara-islam-hzYlx4AQ26.jpg KSP Moeldoko (foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko tak menganggap hasil Ijtima Ulama IV yang salah satunya mewujudkan NKRI bersyariah. Mantan Panglima TNI itu menegaskan Indonesia bukan negara Islam.

"Gini, negara kita ini kan bukan negara Islam. Negara kita ini sudah jelas ideologinya," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 6 Agustus 2019.

Ia menegaskan, ideologi lain selain Pancasila tidak bisa dikembangkan di Tanah Air. Bila ada ideologi lain yang berlawanan dengan konsepsi pendiri bangsa, maka itu harus dilawan.

 Baca juga: Hormati Hasil Ijtima Ulama IV, PKS: Mari Bersatu Menatap Masa Depan

"Ideologi lain nggak bisa dikembangkan di sini. Sepanjang itu berlawanan dengan ideologi Pancasila, ya, harus dilawan, gitu aja," tegas Moeldoko.

 Baca juga: PDIP Respons Ijtima Ulama IV: Pileg dan Pilpres Udah Kelar!

Lebih lanjut, Moeldoko menegaskan, Indonesia bukan negara ijtima. Menurut dia negara ini sudah jelas fondasinya yakni berdasarkan konstitusi dan aturan perundang-undangan.

"Saya sudah mengatakan, negara ini bukan negara ijtima, gitu loh. Aturannya sudah jelas, negara ini adalah negara hukum. Ada konstitusi, UUD 45, ada UU, ada Perpres, ya sudah ikuti, apalagi," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini