nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luncurkan Sistem Terpadu, Penyebaran Informasi Polri Tak Lagi Lewat WhatsApp Group

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 17:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 06 337 2088517 luncurkan-sistem-terpadu-penyebaran-informasi-polri-tak-lagi-lewat-whatsapp-group-wPMFvDM7lt.jpg Kepala Divisi Humas Polri, Irjen M Iqbal. (Foto : Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA – Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Mohammad Iqbal menyebut dengan diluncurkannya Sistem Pengelolaan Informasi Terpadu (SPIT), nantinya segala bentuk informasi dan data akan terafiliasi dalam sistem, bukan lagi disebarkan melalui WhatsApp Grup.

"Dahsyatnya output daripada sistem ini sehingga nanti kita punya content center. Bisa kita lihat dari gadget di manapun berada," kata Iqbal di Hotel GranDhika, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Iqbal menjelaskan, SPIT akan menjadi sumber pengumpulan berbagai informasi kepolisian yang nantinya disampaikan ke publik.

"Alhamdulillah Karo PID yang baru dan beberapa timnya menginisiasi pembentukan sistem baru yaitu SPIT. Ini untuk menjawab selama ini belum ada sistem terintegrasi untuk pengumpulan data. Yang data itu bukan hanya terkumpul, tapi juga dianalisis," ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, data-data tersebut yang akan dikumpulkan dari 34 polda se-Indonesia, nantinya dianalisis. Selain itu, data tersebut akan disupervisi konsultan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal. (Foto : Puteranegara Batubara/Okezone)

"Sehingga nanti penggunanya Biro Penmas, Biro Penmas yang sampaikan ke publik. Sudah by system, bukan by person lagi," ujar Iqbal.

Oleh sebab itu, Iqbal berharap para peserta yang dikirim dari Satuan Kerja (Satker) bisa mengikuti pelatihan ini dengan serius. Mantan Wakapolda Jawa Timur itu menambahkan, pelatihan ini rencananya dilakukan secara berkala.


Baca Juga : Hadapi Era 4.0, Polri Luncurkan Sistem Pengelolaan Informasi Terpadu

"Saya minta untuk serius, jangan malu untuk bertanya, kritis, sehingga intisari yang didapat bisa dibawa ke wilayah masing-masing. September (SPIT-red) sudah mulai (beroperasi-red)," tutur Iqbal.

Terobosan ini merujuk pada amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang membuktikan keseriusan pemerintah untuk membangun sistem pelayanan informasi publik yang berkualitas dan terpadu.


Baca Juga : Oknum Polisi Nyambi Jadi Sopir Taksi Online karena Terlilit Utang Rp50 Juta

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini