nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lepas Jenazah Mbah Moen, Menag Ajak Semua Panjatkan Doa Kebaikan

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 06 337 2088492 lepas-jenazah-mbah-moen-menag-ajak-semua-panjatkan-doa-kebaikan-GNOR7Z0R6H.jpg Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di RS An Noer Makkah. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

MAKKAH – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas jenazah KH Maimoen Zubair untuk disalatkan di Masjidil Haram dan kemudian dimakamkan di Ma'la Makkah. Dalam sambutan pelepasan, Menag mengajak semua pihak mendoakan Mbah Moen agar wafat dalam keadaan husnul khatimah.

"Marilah kita antar kepulangan Beliau, meskipun dengan segala duka, dengan segala kesedihan yang begitu mendalam, tapi marilah, saya ingin mengajak kita semua untuk mengantar kepulangan Beliau dengan sepenuh ikhlas, dengan setulus-tulusnya seraya berdoa mudah-mudahan Beliau berpulang secara husnul khatimah," tutur Menag Lukman Hakim Saifuddin, Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Mbah Moen, Doa yang Terkabul hingga Langit Makkah Menangis 

Kemudian ia mengajak semua yang hadir ikut bersaksi bahwa Mbah Moen adalah orang yang teramat baik. Mbah Moen, lanjut Menag, adalah sosok yang alim.

"Saya bersaksi Beliau adalah ulama, kiai di Indonesia, mungkin yang tertua, paling sepuh di antara sejumlah ulama, kiai, yang ada. Kealiman, kedalaman ilmu Beliau, kita semua, khususnya para santrinya, para muridnya, sudah sangat mengetahuinya," ucap Menag Lukman Hakim.

Presiden Jokowi dan KH Maimoen Zubair (Mbah Moen). (Foto: Ist)

Tidak lupa, Menag mengatakan bahwa banyak sekali tausiah, nasihat, hingga wejangan yang Mbah Moen tinggalkan agar semua pihak senantiasa mampu menjaga dan memelihara serta merawat apa yang selama ini dipesankan.

Baca juga: Menag Bangga dengan Komitmen Mbah Moen Menjaga Keutuhan Bangsa 

"Salah satu yang ingin saya sampaikan untuk kita semua untuk senantiasa menjaga, memelihara, dan berupaya semaksimal mungkin menjalani pesan Beliau adalah bahwa Beliau sering sekali hampir selalu dalam ceramah-ceramahnya itu menunjukkan kecintaan yang luar biasa kepada Tanah Air," ungkap Menag Lukman Hakim.

Dia menegaskan, Mbah Moen juga selalu mengajarkan semua orang untuk tidak pernah memisahkan antara amaliah, tindakan atau perilaku keagamaan, dengan kecintaan terhadap bangsa Indonesia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini