Investigasi Awal Mati Lampu, Polri: Tak Ada Sabotase dan Serangan Teroris

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 06 Agustus 2019 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 06 337 2088407 investigasi-awal-mati-lampu-polri-tak-ada-sabotase-dan-serangan-teroris-tPAndycJPt.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, dari hasil investigasi awal penyebab mati lampu di Jabodetabek tidak ditemukan adanya unsur sabotase dan serangan dari kelompok terorisme.

"Dan juga dapat dipastikan dari hasil investigasi awal tidak ada ditemukan unsur sabotase dan serangan terorisme," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2019).

Dedi menyebut, sampai saat ini, pihaknya masih terus mendalami penyebab utama dari padamnya lampu dihampir seluruh wilayah Jabodetabek tersebut.

Listrik

Dedi menambahkan, untuk memulai penyelidikan perkara ini, Polda Jawa Tengah juga telah mendatangi tempat kejadian perkara atau transmisi PLN UPT Ungaran, Semarang.

"Saat ini masih didalami faktor penyebabnya karena alam dan gangguan teknis. Itu akan didalami semua," ujar Dedi.

Selain itu, Polda Jawa Tengah juga telah melakukan pemeriksaan terhadap petugas PT PLN UPT Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, untuk mengusut penyebab gangugan listrik tersebut.

Baca Juga: Sederet Dampak Besar Pemadaman Listrik Serentak

"Jajaran Polda Jawa Tengah ketika terjadi blackout kemarin langsung datangi PLN UPT Ungaran disana langsung komunikasi dengan beberapa petugas untuk ketahui apa penyebab dan faktor blackout," tutur Dedi.

Padamnya listrik di Jabodetabek diduga kuat penyebabnya lantaran adanya gangguan transmisi di l Ungaran-Pemalang sebesar 500 Kilovolt.

Dari hasil pemeriksaan petugas, Dedi menyatakan kesimpulan awal padamnya listrik atau Blackout di Jabodetabek lantaran adanya faktor alam dan gangguan teknis.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini