nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Pastikan Ibu Kota Dipindah ke Kalimantan, Provinsinya Masih Dikaji

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 06 337 2088387 jokowi-pastikan-ibu-kota-dipindah-ke-kalimantan-provinsinya-masih-dikaji-fa3ndfLGyE.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo hari ini memimpin rapat terbatas kedua pemindahan ibu kota di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat. Kepala Negara memastikan bahwa ibu kota baru akan berada di Pulau Kalimantan.

"Setelah ke lapangan dan mendapat kajian, meski belum 100 persen, sudah semakin mengerucut. Pilihan juga sudah jelas, ibu kota negara akan dipindahkan di Kalimantan," kata Jokowi, Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Rencana Pemindahan Ibu Kota Dinilai Hanya Ramai Dibicarakan di Pulau Jawa 

Ia memastikan pemerintah sedang mendetailkan kembali provinsi mana yang akan ditunjuk sebagai ibu kota baru di Tanah Borneo. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), kata Jokowi, juga ikut mengkaji pemutusan pemindahan ibu kota.

Pulau Kalimantan. (Foto: indonesia-tourism.com)

"Banyak pilihan yang telah ditindaklanjuti oleh Bappenas, PU, baik di Kalteng, Kaltim, Kalsel, dan nanti setelah dipaparkan secara detail akan segera kita putuskan," ujar Jokowi.

Baca juga: JK Ingatkan Potensi Kerawanan Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan 

Dia juga sedang menunggu kajian yang berkaitan kebencanaan banjir, gempa bumi, daya dukung lingkungan, ketersediaan air, lahan infrastruktur, kajian keekonomian, sisi demografi, sosial politik, hingga pertahanan keamanan.

"Semuanya harus dilihat detail sehingga keputusan nanti adalah keputusan benar dalam visi ke depan kita," tuturnya. (han)

(amr)

Berita Terkait

Jokowi Presiden

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini