nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Pengalaman Negara Lain Pindahkan Ibu Kota Harus Dijadikan Rujukan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 13:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 06 337 2088382 jokowi-pengalaman-negara-lain-pindahkan-ibu-kota-harus-dijadikan-rujukan-VZRKLqNy62.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan pemindahan Ibu Kota akan dilakukan di Kalimantan. Namun, lokasi pastinya Ibu Kota baru tersebut masih menunggu sejumlah kajian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pengalaman negara lain dalam memindahkan Ibu Kota menjadi rujukan. Pemindahan Ibu Kota juga harus melihat visi pembangunan Indonesia dalam 100 tahun ke depan.

"Kita memutuskan ini, saya memutuskan nantinya bukan sebagai kepala pemerintahan tapi kepala negara, kita harus lihat visi besar 5 sampai 100 tahun yang akan datang dalam kita berbangsa dan bernegara," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Baca Juga: Rencana Pemindahan Ibu Kota Dinilai Hanya Ramai Dibicarakan di Pulau Jawa

Jokowi

Jokowi ingin pengalaman negara lain pindahkan Ibu Kota bisa dipelajari seperti faktor apa yang akan menjadi hambatannya. Sehingga, pemerintah bisa melakukan antisipasi sedini mungkin.

"Sebaliknya faktor kunci keberhasilan kita adopsi, kita ambil!," ujarnya.

Kepala Negara memastikan pemerintah juga telah mulai menyiapkan payung hukum hingga skema pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan non APBN dalam pemindahan Ibu Kota dari Jakarta tersebut.

"Desain kelembagaan yang diberikan otoritas dan yang paling penting payung hukum regulasi untuk pemindahan Ibu Kota ini," ujarnya.

Baca Juga: JK Ingatkan Potensi Kerawanan Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

(Ari)

Berita Terkait

Ibu kota pindah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini