nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pansel Capim KPK Telusuri Rekam Jejak 40 Nama yang Lolos Tes Psikologi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 19:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 05 337 2088087 pansel-capim-kpk-telusuri-rekam-jejak-40-nama-yang-lolos-tes-psikologi-XBexhiga3N.jpg Ilustrasi Gedung KPK

JAKARTA - Pansel capim KPK langsung menelusuri rekam jejak 40 nama yang lulus dari tes psikologi. Nama-nama peserta yang lolos ke tahap selanjutnya itu pun akan dikirim ke delapan instansi untuk ditelusuri rekam jejaknya.

"Setelah ini kami kirim tim tracker kami terhadap 40 ini. Nanti kami akan menerima masukkan seperti itu," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Yenti mengatakan, penelusuran rekam jejak dilakukan sesuai dengan tugas dari institusi yang diminta oleh pihaknya, seperti Polri berkaitan dengan SKCK, Kejaksaan Agung berkaitan apakah nama peserta ada dalam tuntutan dakwaan.

Menurut Yenti, Pansel juga akan mendatangi tempat tinggal hingga kantor para peserta yang lulus tesebut.

"Kami ada yang traker keseluruhan berkaitan dengan nanti kita datang ke sana di lingjungan orang itu dan ke kantornya, sebagainya ada juga," ujarnya.

Ilustrasi

Ia menyatakan 40 peserta yang lulus ini memiliki nilai tertinggi di bandingkan peserta lain dalam tes psikologi. Selanjutanya, Pansel KPK bekerja sama dengan pihak TNI AD dalam melaksanakan tes psikologi, pada Minggu 28 Agustus 2019.

"Psikotes banyak sekali komponennya, dan yang nilainya rendah di bagian apa kan ada, kan ada psikolognya. Karena kan ternyata yang sempurna semua kan enggak ada. Dari urutan nilai ada," ujarnya.

Selain melakukan penelusuran rekam jejak, 40 peserta yang lolos tes psikologi wajib mengikuti seleksi tahap berikutnya, yaitu profile assesment pada Kamis-Jumat, 8-9 Agustus 2019. Yenti menyebut butuh waktu sekitar 10 hari untuk melakukan penilaian usai profile assesment.

"Karena profile asessement lama, sekitar 14 hari. Kami minta 10 hari selesai," tuturnya.

Anggota Pansel KPK Diani Sadia Wati menyatakan pihaknya akan mengirim 40 nama peserta seleksi calon pimpinan lembaga antirasuah tersebut kepada sedikitnya 8 instansi.

Baca Juga: 40 Calon Pimpinan KPK Lolos Tes Psikologi, Ini Nama-Namanya

Kedelapan instansi tersebut, antara lain KPK, Polri, Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Narkotika Nasional (BNN) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), PPATK, dan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

"Ini tentu juga menjadi sangat penting karena ini (mulai masuk) tahap-tahap akhir, yang tentu kami sangat membutuhkan masukan dari masyarakat," ujar Diani.

Diani menyebut selain melakukan penelusuran rekam jejak, Pansel Capim KPK masih membuka masyarakat memberikan masyarakat terkait nama-nama peserta yang lulus. Masukan masyarakat mulai diterima dari 23 Juli sampai 30 Agustus 2019.

Baca Juga: Basaria Panjaitan Gagal Lolos Seleksi Calon Pimpinan KPK

Menurut Diani, sampai hari ini Pansel Capim KPK sudah menerima sekitar 1.300 masukan dari masyarakat, baik via surat elektronik (e-mail), surat tertulis, hingga pesan singkat via WhatsApp. Ia mengimbau masyarakat memberikan masukan disertai fakta agar tak timbul fitnah.

"Kami berharap bahwa masukan ini disertakan dukungan bukti yang akurat, sehingga itu bisa menjadi bahan bagi pansel dalam nanti melakukan wawancara. Karena ini tentu kita sangat berharap ini kan tidak fitnah," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini