nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ijtima Ulama IV di Bogor, Eks Jubir HTI hingga Gus Nur Ikut Diundang

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 16:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 05 337 2087952 itima-ulama-iv-di-bogor-eks-jubir-hti-hingga-gus-nur-ikut-diundang-qnXpmiH8I9.JPG Ismail Yusanto (Okezone)

BOGOR - Sejumlah tokoh oposisi ikut diundang ke forum Ijtima Ulama ke-IV di Hotel Lorin Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (5/8/2019). Salah satunya yakni mantan Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto.

Anggota Steering Commite Ijtima Ulama yang juga Ketua Umum PA 212 Slamet Ma'arif mengatakan, Ismail Yusanto diundang bersama tokoh lainnya. Di antaranya adalah Sugi Nur Raharja alias Gus Nur dan KH Solachul Aam Wahib Wahab (Gus Aam).

"Ada kiai akhir zaman, Gus Nur. Kemudian ada dari Jawa Timur, dari Kediri. Dari Grersik, ada Gus Aam dari Jombang, salah satu cucu pendiri NU dan lainnya," kata Slamet kepada wartawan.

Slamet menambahkan, Ismail Yusanto sendiri sengaja diundang secara pribadi dan dianggap sebagai salah satu tokoh intelektual agama untuk menyampaikan masukan-masukan dan membahas situasi politik umat ke depan dalam Ijtima Ulama ke-IV.Ijtima Ulama IV

"Pak Ismail Yusanto itu kan salah satu tokoh di negara kita, salah satu aset bangsa, salah satu intelektual di negara kita. Maka kita mengundang beliau karena bagian dari tokoh, anak bangsa yang memang ada di negara yang kita," jelas Slamet.

Baca juga: Ijtima Ulama IV Dibuka dengan Rekaman Suara Habib Rizieq dari Makkah

Sementara, untuk tokoh dari partai politik memang tidak diundang. Karena Ijtima Ulama kali ini akan melakukan evaluasi dan pandangan politik umat ke depan pasca penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019.

"Kami sudah sepakat bahwa kita sudah selesai soal kontestasi pemilu ketika Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan kemenangan 01. Sekarang kita evaluasi kekurangan dan kelemahan itu," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini