Jokowi: APBN 2020 Fokus untuk Investasi SDM

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 05 Agustus 2019 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 05 337 2087936 jokowi-apbn-2020-fokus-untuk-investasi-sdm-PLR1EyPPa4.jpg Presiden Jokowi. (Koran Sindo)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 akan fokus digunakan untuk investasi pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Anggaran kita ke depan yaitu lebih fokus untuk investasi pembangunan SDM besar-besaran!" kata Jokowi dalam sidang Kabinet Paripurna bertajuk 'Rancangan Undang-Undang beserta Nota Keuangan RAPBN Tahun Anggaran 2020' di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Kepala Negara berharap, arah penggunaan APBN 2020 bisa digunakan sebagai instrumen utama akselerasi daya saing ekonomi negara. Terutama, lanjut dia, daya saing di bidang ekspor dan investasi.

Jokowi di Sela-Sela Pertunjukan Wayang Kulit di Istana Merdeka, Jakarta (foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

"Saya juga minta dipastikan di RAPBN 2020 dikelola secara fokus, dikelola terarah, dan bisa tepat sasaran, dan manfaat dirasakan rakyat," katanya.

Menurut Jokowi, investasi pembangunan SDM sudah tidak bisa ditunda lagi. Ia pun memastikan negara akan hadir guna meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.


Baca Juga : Jokowi Ingin RAPBN 2020 Mampu Antisipasi Ketidakpastian Ekonomi Dunia

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, pemerintah akan mulai melakukan pembangunan SDM mulai dari sejak dalam kandungan, bayi, sampai anak-anak guna memperhatikan masa-masa emas dalam pertumbuhan masyarakatnya.

"Jangan sampai ada kenaikan angka stunting," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini