nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi VII DPR RI Sebut PLN Butuh Sistem untuk Minimalisasi Gangguan Listrik

Senin 05 Agustus 2019 03:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 05 337 2087654 komisi-vii-dpr-ri-sebut-pln-butuh-sistem-untuk-minimalisasi-gangguan-listrik-fpMfGA0p3g.jpg Gardu Listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Peristiwa pemadaman secara luas di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat dinilai Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu sebagai pembelajaran agar PLN memiliki sistem yang bisa meminimalisasi dampak pemadaman berskala luas.

"Saya mendorong supaya PLN memiliki desain kalau ada masalah hendaknya dampaknya jangan begitu luas, harus ada sistem yang bisa mengatur," kata Gus Irawan di Jakarta, Minggu 4 Agustus 2019 malam, seperti diberitakan Antaranews.

Sistem yang dimaksudkan Gus Irawan adalah semacam cabang-cabang yang bisa mengantisipasi jika terjadi gangguan listrik sehingga tidak menimbulkan masalah begitu luas.

Sebelumnya diketahui Minggu 4 Agustus 2019 siang hingga malam terjadi pemadaman listrik di hampir sebagian besar wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat dimulai sekitar pukul 11.45 WIB dan berangsur normal mulai pukul 20.00 WIB.

"PLN harus belajar dari setiap kejadian, ini sesuatu yang tidak kita harapkan, PLN merugi, masyarakat merugi, industri merugi," katanya.

Listrik

Baca Juga: Mati Listrik 6 Jam, Ceritain Dong Ada Pengalaman Apa Aja?

Kejadian pemadaman hampir menyeluruh di semua wilayah Ibu Kota ini, kata dia, menjadi pembelajaran agar bisa menciptakan sistem yang kalau ada gangguan pada satu titik lokasi tidak menimbulkan dampak begitu besar.

DPR juga berencana akan memanggil PLN untuk memastikan permasalahan apa yang terjadi dan mencarikan solusi mengatasi terulang lagi.

Ia sudah mencoba mengonfirmasi perihal pemadaman tersebut dengan menghubungi Direktur PLN regional Jawa, Amir Rosidin yang sedang berada di pusat pengendali Jawa Barat.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini