nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo Ungkap Aplikasi Game yang Kerap Dipakai untuk Kejahatan Seksual kepada Anak

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 03 Agustus 2019 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 03 337 2087281 kominfo-ungkap-aplikasi-game-yang-kerap-dipakai-untuk-kejahatan-seksual-kepada-anak-1LxPkMfCE7.jpg Ilustrasi aplikasi di ponsel. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Riki Arif Gunawan mengungkap salah satu aplikasi permainan yang rawan digunakan untuk melakukan kejahatan seksual kepada anak. Aplikasi itu adalah HAGO.

Riki mengatakan, aplikasi permainan tersebut di dalamnya terdapat fasilitas percakapan yang dipakai untuk memasukkan nomor telefon pribadi.

Baca juga: Polri Masih Kesulitan Ungkap Kasus Kekerasan kepada Anak 

Ia menerangkan, dari fasilitas percakapan yang tersedia dan nomor telefon yang diberikan oleh anak-anak dapat mempermudah para pelaku melakukan aksi pelecehan seksual kepada anak dalam aplikasi itu.

Aplikasi game HAGO. (Foto: Ist)

Pihak Kominfo pun sudah memanggil pihak HAGO. Dalam pertemuan yang berlangsung, pihak HAGO menyatakan bakal memblokir otomatis penyebaran nomor telefon pribadi dan menjaga kerahasiaan data pribadi.

"Artinya monitoring sudah dilakukan oleh aplikasi itu bahwa dia akan mencabut atau menghilangkan nomor-nomor telepon di dalam itu," ujar Riki dalam Diksusi Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Child Grooming dan Darurat LGBT' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2019).

Baca juga: Polri Beberkan Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak oleh Napi di Penjara 

Riki juga mengungkapkan bahwa Kominfo prihatin terhadap penyalahgunaan kecanggihan teknologi oleh masyarakat Indonesia, dan bahkan digunakan untuk melakukan tindak kejahatan.

"Kita lihat teknologi atau internet ini seperti 'pisau bermata dua', bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, tapi juga akan melukai diri kita sendiri kalau kita tidak cermat menggunakannya. Khususnya internet ini memang sesuatu yang baru sehingga akan mengubah banyak hal," tutur Riki.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini