nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Para Menteri Diminta Teladani Kesederhanaan dan Integritas Jokowi

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 03 Agustus 2019 13:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 03 337 2087198 para-menteri-diminta-teladani-kesederhanaan-dan-integritas-jokowi-bJKFz82ktz.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) menilai Presiden Terpilih Joko Widodo memegang teguh integritas dan hidupnya bersahaja. Gaya Jokowi yang seperti ini sama persis dengan figur menteri di era Presiden RI pertama Soekano. Sejumlah menteri di era Soekarno abadi dalam ingatan publik karena mampu menjaga integritasnya dan bersikap sederhana.

Dalam kabinet Dwikora I dan II, pembantu Bung Karno ini istiqamah menjadi pelayan rakyat. Mereka yang dikenang itu antara lain, Ir Sutami, Oei Tjoe Tat, Hoegeng Iman Santoso, Adam Malik dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Sutami dikenal sebagai menteri termiskin karena kesederhanaannya.

Sedangkan Oei Tjoe Tat menjunjung tinggi kemanusiaan karena sikapnya yang tidak ingin membeda-bedakan suku, agama, rasial, dan lainnya. Sementara itu, Hoegeng dikenal sebagai pribadi jujur, anti-korupsi serta beritegritas. Tak ayal hidupnya pas-pasan demi menjaga integritasnya.

Di sisi lain, Adam Malik terbilang menteri yang cukup sukses di era Orde Lama dan Orde Baru kendati hanya lulusan sekolah dasar (SD). Rendahnya tingkat Pendidikan tak membuatnya berhenti menorehkan prestasi. Lalu Sultan Hamengkubuwono IX yang sudah melalang buana menduduki jabatan politik dikenal dengan keteladanannya.

 Lipsus Menteri

Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari, berharap menteri Kabinet Kerja jilid II menjadikan figur Jokowi, Bung Karno beserta pembantunya sebagai role model dalam bekerja menjalankan tugas negara. Menurut Eva, seorang pejabat publik harus sudah ‘selesai’ dengan dirinya sendiri. Dengan begitu integritas dalam bekerja bisa terjaga.

“Pak Jokowi sendiri harusnya menjadi orientasi dari gaya bekerja para menteri tersebut. Orang seperti Pak Jokowi bisa kita lihat di menteri-menteri model dari Pak Soekarno yang pekerja keras, selesai dengan dirinya, integritasnya terjaga, fokus pada isu kebangsaan. Jadi menurutku para menteri menjadikan Pak Jokowi sebagai role model,” ucap Eva kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Eva berujar, Jokowi telah menyerahkan seluruh hidupnya untuk mengurus bangsa dan negara. Semangat ini juga ditemui pada diri Presiden Soekarno beserta para pembantunya kala itu. Jokowi, sambung Eva, tak ubahnya seperti para menteri di era Bung Karno yang menjunjung tinggi integritas dan kesederhanaan. Ia berharap para pembantu Jokowi ke depan bersikap serupa.

“Dia (Jokowi) memberikan dirinya full terhadap tugasnya tersebut. Ini bisa kita lihat pada Soekarno, Pak Tami, Pak Hoegeng yang rela hidup sederhana dan tidak memanfaatkan jabatan untuk keepntingan pribadi,” ujar Eva.

 Presiden Jokowi

Kendati demikian, Eva meyakini calon menteri Kabinet Kerja jilid II sudah mempelajari figur Jokowi seperti apa. Dengan begitu, jika kelak mereka dipilih Kepala Negara masuk ke dalam kabinet, maka sikapnya dapat menyelaraskan dengan kepribadian Jokowi.

“Saya confident di kabinet kedua semua sudah mempelajari personality Pak Presiden dan bagaimana kehendak Pak Presiden,” pungkas Eva.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini