nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Monitor Gempa Banten, Jokowi Minta Masyarakat Tidak Panik

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 23:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 02 337 2087120 monitor-gempa-banten-jokowi-minta-masyarakat-tidak-panik-wYOI50omQn.jpg Presiden Joko Widodo di Sela-Sela Pertunjukan Wayang Kulit di Istana Merdeka, Jakarta, Memberika Keterangan Pers Terkait Gempa Banten, Jumat (2/8/2019). (foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak panik adanya bencana gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,9 yang mengguncang wilayah Banten, dan sekitarnya pada Jumat (2/8/2019) malam.

Kepala Negara menegaskan bahwa pihaknya terus memonitor perkembangan terkini terhadap gempa yang berpotensi tsunami itu. Namun, kata dia, peringatan dini potensi tsunami itu baru saja berakhir.

Baca Juga: BMKG Mutakhirkan Gempa Banten Jadi M6,9 

"Ya Terus kita ikuti, tadi kita tahu pukul 19.00 WIB lebih 3 menit malam, ada gempa di barat daya Banten, dan juga kita rasakan tadi di Jakarta, dan saya terus monitor. Tadi saya telpon ke lapangan juga," kata Jokowi di sela-sela pertunjukan wayang kulit di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi di Sela-Sela Pertunjukan Wayang Kulit di Istana Merdeka, Jakarta (foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)	 

"Yang paling penting, saya monitor sejak pukul 19.00 WIB tadi alhamdulillah tidak ada ikutan tsunami dan peringatan untuk potensi tsunami baru saja berakhir," tambahnya.

Jokowi telah meminta jajarannya untuk bertindak cepat dalam memberi pertolongan kepada para korban bencana gempa tersebut.

"Kita berharap yang di lapangan, karena malam hari ini, tadi saya juga telepon polres, lapangan dalam keadaan sementara, baik semuanya dan saya sudah perintahkan juga kepada BNPB, TNI, Polri, dan Menteri sosial untuk ber tindak cepat apabila ada yang memang harus kita bergerak," ucap Jokowi.

Baca Juga: Pasca-Gempa M 6,9 Guncang Banten, 7 Rumah di Cianjur dan Bandung Barat Dilaporkan Rusak Berat


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini