Hasto: Para Kader Menghendaki Megawati Kembali Pimpin PDIP

Achmad Fardiansyah , Okezone · Kamis 01 Agustus 2019 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 01 337 2086414 hasto-para-kader-menghendaki-megawati-kembali-pimpin-pdip-nrQaEQo6wo.jpg Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan para kader menghendaki Megawati Soekarnoputri kembali menjadi pemimpin mereka di periode 2019–2024. Hal itu, kata dia, akan diungkapkan dalam Kongres V PDIP yang bakal digelar di Pantai Matahari Terbit, Provinsi Bali.

"Terkait struktur yang tentu saja nanti ketua umum terpilih, yang dalam hal ini adalah Ibu Megawati. Karena berdasarkan hasil keputusan Rapat Kerja Nasional IV dan juga berdasarkan aspirasi dari bawah memohon Ibu Mega berkenan menjadi ketua umum kembali. Nanti akan dibahas dengan Ibu Megawati," ucap Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Akan Hadiri Kongres V PDIP di Bali 

Konferensi pers menuju Kongres V PDIP di Bali. (Foto: Achmad Fardiansyah/Okezone)

Ia menegaskan, dalam struktur PDIP, ketua umum sebagai institusi tersendiri yang memiliki mandat dan prerogatif dalam menjaga Pancasila, NKRI, kebhinekaan, serta berbagai perintah Konstitusi.

Kemudian dalam menjalankan tugasnya, lanjut Hasto, ketua umum dibantu sekretaris jenderal dan tiga wakilnya serta bendahara bersama wakilnya.

Baca juga: PDIP Gelar Kongres V di Bali untuk Wujudkan Kesolidan Kader 

"Yang jelas, desain struktur kepengurusan PDIP secara prinsip adalah sangat sederhana. Sesimpel teori relativitas Einstein yakni e=mc2," tuturnya.

Hasto membeberkan, struktur PDIP akan terbagi dalam tiga bidang. Pertama adalah internal demi menegaskan wajah PDIP sebagai partai yang ideal.

Baca juga: Prabowo Hadiri Kongres PDIP, Megawati Sedang Buka Pintu Gerindra Masuk Pemerintah 

"Kedua adalah bidang pemerintahan demi menunjukkan bagaimana partai terlibat aktif yang strukturnya mengikuti struktur kabinet pemerintahan Jokowi. Selanjutnya struktur yang menampilkan wajah partai di tengah rakyat, misalnya bidang pertanian, buruh, nelayan," paparnya.

Jokowi dan Megawati Soekarnoputri. (Foto: Okezone)

Sementara Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan berbagai masukan, termasuk soal ketua harian, tentunya akan dibahas di dalam kongres nanti. Namun, sejauh ini hanya meminta Megawati Soekarnoputri kembali memimpin PDIP.

Baca juga: Hasto Tegaskan Bos Gojek Nadiem Makariem Belum Bergabung ke PDIP 

Ia mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan usulan ketua harian akan muncul ketika kongres nanti. "Kita lihat nanti. Justru itulah pentingnya kongres. Kongres juga kan membawa aspirasi-aspirasi dari daerah," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini