nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNN Banten Musnahkan 150 Kg Ganja Kering Asal Aceh

Rasyid Ridho , Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 14:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 31 337 2085901 bnn-banten-musnahkan-150-kg-ganja-kering-asal-aceh-8mTOGryzWq.jpg Ilustrasi

SERANG - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten memusnahkan 150 kilogram ganja kering asal Aceh yang dibawa oleh dua kurir yakni FN (29) dan IG (44) melalui pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta.

Pemusnahan dilakukan dengan cara di-oven menggunakan alat insinerator di depan kantor BNNP Banten Jalan Syech Nawawi Al Bantani, Kota Serang dengan disaksikan dari ulama, BPOM, Polda Banten, Kejaksaan, dan kedua pelaku. Rabu (31/7/2019).

Kepala BNNP Banten Brigjen Tantan Sulistyana mengatakan, ganja tersebut merupakan hasil pengungkapan kasus dari dua kurir ganja asal Bekasi pada 11 Juli 2019. Rencanaya ganja yang datang dari Aceh tersebut akan didistribusikan ke daerah Tangerang.

"Pelaku ini membawa ganja sebanyak 150 kilogram di dalam bagasi mobil jenis Camry yang sudah di modifikasi melalui jalur laut dari pelabuhan Pangkal Balam ke Tanjung Priuk," kata Tantan kepada wartawan.

Ilustrasi

Mobil lalu diangkut dengan menggunakan Kapal KMP Sakura Expres. Kemudian, Tim BNN Provinsi Banten berkoordinasi dengan BNN RI, untuk melakukan penyergapan.

Saat dilakukan pemeriksaan, petugas tidak menemukan ganja yang dicari. Namun, setelah petugas melakukan pengecekan mobil dengan menggunakan anjing pelacak Unit K-9, ganja baru berhasil ditemukan didalan bagasi yang sudah di las menggunakan plat besi.

Baca Juga: Polda Metro Tegaskan Pemasok Sabu ke Nunung Bandar Narkoba Bukan Pengecer

Baca Juga: Ahok Bilang Karir Politiknya Habis, tapi Dijagokan Maju di Pilkada Surabaya

Kedua pelaku dijerat Pasal 114 Ayat (2) dan atau Pasal 111 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. "Dari pengungkapan barang bukti sebanyak 150 kilogram dapat menyelamatkan 6 juta generasi penerus bangsa," ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini