nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR: KSAD Harus Intensifkan Pencarian Heli MI-17

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 21:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 30 337 2085662 dpr-ksad-harus-intensifkan-pencarian-heli-mi-17-lPZyTtkQl1.jpg Ilustrasi helikopter (Foto: Ist)

JAKARTA - Pencarian Helikopter MI-17 masih belum membuahkan hasil. DPR pun mengharapkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengintensifkan pencarian helikopter yang hilang lebih dari sebulan itu. 

"Mestinya begitu (KSAD intensifkan upaya pencarian)," kata Anggota Komisi I DPR RI Sukamta, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Sukamta menuturkan, meski kemungkinan untuk menemukan awak helikopter dalam keadaan selamat kecil. Namun, dalam proses pencarian harus tetap ditanamkan harapan kalau korban selamat.

"Tentu berharap yang terbaik (bagi para awak dan penumpang Helikopter MI-17)," ujarnya.

Baca Juga: KASAD Tegaskan Pencarian Helikopter MI-17 di Papua Terus Dilakukan

Sukamta juga mendorong pentingnya peremajaan alat utama sistem persenjatan (Alutsista) TNI guna menghindari terjadinya kecelakaan.

Ilustrasi

Pengamat militer Sidratahta Mukhtar menilai proses pencarian Helikopter MI-17 memang belum maksimal. Ia menyarankan, KSAD menggandeng instansi lain dalam proses pencarian, bisa dengan Basarnas, atau lembaga pemerintah lainnya.

"Saya belum lihat KSAD mengambil tindakan cepat. Belum maksimal," ujarnya.

Ia menegaskan, jangan sampai ada komunikasi yang buruk antar-instansi, karena sudah semestinya semua bersinergi. "Saya menduga itu. Memang dalam banyak hal ada kaitannya dengan regenerasi di TNI yang terlalu politis yang secara strategis menghambat dalam membangun koordinasi," tuturnya.

Helikopter dengan nomor registrasi HA-5138 hilang pada Jumat 28 Juni setelah terbang dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua menuju Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. Helikopter mengangkut 12 orang untuk mengirim logistik prajurit.

Baca Juga: Ritual Bakar Batu Digelar untuk Temukan Helikopter TNI AD yang Hilang Kontak di Papua

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini