Izin FPI Belum Diperpanjang, Mendagri: Tunggu Hasil Evaluasi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 30 Juli 2019 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 30 337 2085515 izin-fpi-belum-diperpanjang-mendagri-tunggu-hasil-evaluasi-ImQTDYUHe4.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku belum dapat memastikan terkait pembubaran organisasi Front Pembela Islam (FPI). Menurut Tjahjo, Kemendagri masih melakukan evaluasi terhadap Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI sebagai ormas.

"Saya belum bisa katakan sekarang (terkait pembubaran FPI). Tunggu waktunya nanti, tim dirjen kami masih melakukan evaluasi terhadap setiap ormas yang mengajukan SKT baru atau perpanjangan izin," kata Tjahjo saat menyambangi kantor Ombudsman RI, di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019).

Baca Juga: Izin Perpanjang Ormas Belum Dikeluarkan, FPI Klaim Hanya Kurang Satu Syarat 

Ribuan Massa FPI Kepung Mabes Polri

Sekadar informasi, perpanjangan SKT FPI sendiri hingga kini belum disetujui oleh Kemendagri. Kemendagri mengaku masih menelah lebih detail perpanjangan SKT ratusan ribu ormas yang ada di Indonesia.

"Menyangkut FPI sedang ditelaaah detail oleh Dirjen Polpum, karena tidak hanya FPI, karena ormas yang ada di negara kita sampai 400.000 ormas, baik yang SKT di Kemendagri, ada yang lewat Kemenkumham, ada yang akta notaris," terangnya.

Sebelumnya, Jubir FPI, Slamet Ma'arif meyakini organisasinya tidak akan dibubarkan oleh pemerintah. Sebab, FPI sedang dalam proses pengurusan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sebagai ormas.

Slamet mengatakan pihaknya sudah mengurus data-data perpanjangan SKT FPI.‎ Hanya saja, masih ada satu berkas lagi yang kurang untuk melengkapi perpanjangan SKT FPI.

"Sedang diurus (proses perpanjangan). tinggal satu berkas lagi. Enggak ada pembubaran," kata Slamet beberapa waktu lalu.

Baca Juga: FPI Tegaskan Isu Kepulangan Habib Rizieq Dibarter Pembubaran Ormasnya Hoaks!

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini