nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima: Koopssus TNI Bertugas Atasi Aksi Terorisme

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 11:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 30 337 2085331 panglima-koopssus-tni-bertugas-atasi-aksi-terorisme-YeTuAXOUim.jpg Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto usai meresmikan Koopssus TNI (foto: Putera/Okezone)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa tugas pokok dari satuan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI adalah untuk menanggulangi adanya ancaman aksi terorisme di Indonesia maupun luar negeri.

Hadi menjelaskan, TNI juga memiliki peran penting dan keterlibatan dalam mengantisipasi segala bentuk kejahatan terorisme. Hal itu berdasarkan, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018.

"Sedangkan tugas dari Koopssus TNI adalah mengatasi aksi terrorisme baik dalam maupun luar negeri yang mengancam ideologi, kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan segenap bangsa Indonesia," kata Hadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

 Baca juga: Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto Resmikan Tim Komando Khusus TNI

Aksi terorisme di Indonesia, kata Hadi juga merupakan salah satu tanggung jawab dari TNI, selain operasi militer. Dalam menanggulangi aksi terorisme itu, nantinya TNI akan menyesuaikan dengan tugas pokok dan fungsinya, yakni penangkal, penindak dan sebagai pemulih.

"Tugas fungsi adalah penangkal, penindak, dan pemulih. Penangkalnya di dalamnya adalah surveillance, yang isinya intelijen, 80% kami laksanakan adalah surveillance atau observasi jarak dekat dan 20% penindakan. Sehingga intelijen ada di fungsi penangkalan," ucap Hadi.

 Koopssus TNI

Hadi memastikan, dibentuknya satuan yang dikomandoi oleh Brigjen Rochadi tersebut tidak akan tumpang tindih dengan lembaga lainnya yang juga berperan dalam tanggulangi terorisme. Salah satunya adalah BNPT dan Polri.

"Kami koordinasi dengan kepolisian dan BNPT sebagai penindak," tegas Jenderal bintang empat itu.

Koopssus TNI ini dibentuk dalam satu wadah Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) yang secara struktural komando langsung dibawah Panglima TNI. Prajurit terbaik dari tiga matra TNI merupakan satuan yang selalu siap dalam kondisi apapun apabila dibutuhkan oleh Negara.

"Sehingga pasukan khusus dari 3 matra, darat, laut, udara, standby di Mabes TNI. Sewaktu-waktu bisa digunakan oleh Panglima TNI atas perintah Presiden," ujar Hadi.

 Baca juga: Brigjen Rochadi Dipercaya Jadi Pemimpin Komando Operasi Khusus TNI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah meresmikan Koopssus TNI yang berisikan prajurit terbaik dari tiga matra. Personel satuan itu telah memiliki kualifikasi berbagai jenis operasi khusus, baik di dalam maupun di luar negeri, yang menuntut kecepatan dan keberhasilan yang tinggi.

Koopsus TNI sendiri dipersiapkan untuk menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks. Korps militer itu bersiap untuk menghadapi perkembangan teknologi, serta perkembangan taktik dan teknik peperangan yang tidak lagi linier dan konvensional, namun juga asimetrik dan non konvensional.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini