Pemprov Jabar Tunggu Surat Resmi Penetapan Tersangka Iwa Karniwa dari KPK

CDB Yudistira, Okezone · Senin 29 Juli 2019 23:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 29 337 2085196 pemprov-jabar-tunggu-surat-resmi-penetapan-tersangka-iwa-karniwa-dari-kpk-Hh98CSKIeH.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar), Iwa Karniwa resmi ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta.

Namun, pihak Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jabar mengaku belum mendapat surat resmi penetapan Iwa sebagai tersangka.

"Kita nunggu dulu surat resmi dari KPK," ujar Kepala Biro Hukum dan Hak Asasi Manusia Sekretariat Daerah Pemprov Jabar, Eni Rohyani, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (29/7/2019).

Meski begitu, pihaknya akan menyarankan kuasa hukum untuk tetap mendampingi Iwa. "Kita akan sarankan untuk kuasa hukumnya," ucap dia.

Sementara, menanggapi penetapan status tersangka terhadap Sekda Jabar, Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengaku akan berkomunikasi terlebih dahulu terkait hal itu.

"Saya baru mendengar malam ini. Belum banyak informasi yang bisa saya sampaikan," katanya usai menghadiri acara dinas di Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bandung hari ini.

Iwa Karniwa diduga menerima suap Rp900 juta untuk mengurus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi yang masih berkaitan dengan proyek Meikarta. Uang tersebut berasal dari PT Lippo Cikarang.

Uang dari PT Lippo Cikarang tersebut diserahkan ke Iwa Karniwa melalui mantan Kabid Pentaaan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi Nurlaili. Neneng sendiri sudah divonis bersalah terkait perkara ini.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini