KPK Buka Peluang Jerat Lippo Cikarang Tersangka Korporasi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 29 Juli 2019 21:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 29 337 2085177 kpk-buka-peluang-jerat-lippo-cikarang-tersangka-korporasi-Wx2wcWCm8k.jpg Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang menjerat PT Lippo Cikarang sebagai tersangka korporasi terkait pengembangan kasus dugaan suap pengurusan perizinan pembangunan proyek Meikarta. 

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang memastikan akan segera mengembangkan kasus dugaan suap pengurusan izin proyek Meikarta ke arah korporasi. Namun, kata Saut, pengembangan kasus suap proyek Meikarta ke korporasi dilakukan secara bertahap.

"Memang bertahaplah, tapi sebagaimana saya sebutkan tadi, kita akan terus berupaya mengembangkan, jadi ini hanya persoalan waktu saja," kata Saut di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2019).

Baca Juga: Eks Presdir PT Lippo Cikarang dan Sekda Jabar Jadi Tersangka Baru Suap Meikarta

Ilustrasi Meikarta

Saut menjelaskan, penyidik punya strategi sendiri untuk mengembangkan kasus tersebut ke arah korporasi. Dia meminta agar publik bersabar menunggu strategi yang akan dilakukan penyidik untuk mengembangkan perkara ini.

"Jadi, itu hanya strategi penyidikan saja. Nanti kita proses berikutnya, kalau nanti bisa kita naikkan korporasinya, kita lihat dulu sejauh mana mereka terlibat," ujarnya.

‎Sebelumnya, KPK telah menetapkan dua tersangka baru terkait pengembangan kasus dugaan suap pengurusan izin proyek Meikarta.‎ Dua tersangka baru tersebut yakni, mantan Presiden Direktur (Presdir) PT Lippo Cikarang, Bartholomeus Toto (BTO) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jawa Barat (Jabar), Iwa Karniwa (IWK).

PT Lippo Cikarang sendiri disinyalir merupakan sumber uang suap untuk sejumlah pihak dalam mengurus perizinan proyek Meikarta.

Baca Juga: Sekda Jabar Diduga Terima Suap Rp900 Juta untuk Pengurusan RDTR Proyek Meikarta

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini