Pertamina Diminta Perhatikan Keselamatan Nelayan yang Angkut Tumpahan Minyak di Karawang

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 29 Juli 2019 14:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 29 337 2084957 pertamina-diminta-perhatikan-keselamatan-nelayan-yang-angkut-tumpahan-minyak-di-karawang-CROwMYAG7f.jpg Ilustrasi Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan (foto: Amir Sarifudin/Okezone)

JAKARTA - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) meminta PT Pertamina memperhatikan keselamatan para nelayan yang dilibatkan dalam mengangkut tumpahan minyak (Oil Spill) yang mencemari Pantai Karawang.

Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat, Meiki W Paendong menyadari bahwa pelibatan nelayan lantaran mereka sudah tidak bisa melaut. Namun Sayang, dari sisi keselamatan tidak diperhatikan.

Baca Juga: Walhi Sebut 4 Desa Sudah Terdampak Pencemaran Minyak Pertamina 

"Di lapangan kita perhatikan ini tidak ada perlindungan keselamatan kerja terhadap mereka. Kalau kawan-kawan cek di lapangan itu bisa kita lihat, kalau tim Pertamina kan pakai baju hazard, sementara para nelayan ini dibiarkan seadanya, yang penting itu terangkut dan mereka mendapat uang jasa untuk mengangkutnya," kata Meiki di Kantor Wlhi, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2019).

Diskusi Walhi soal Dampak Tumpahan Minyak di Perairan Karawang, Jawa Barat (foto: M Rizky/Okezone) 

Menurut dia, seharusnya Pertamina ikut memperhatikan keselamatan para nelayan yang dilibatkan dalam pengangkutan tumpahan minyak di Pantai Karawang tersebut.

"Jangan sampai ini jadi masalah baru terkait keselamatan kerja para nelayan itu sendiri. Penanganan limbahnya melibatkan warga tapi dari sisi prosedur kerjanya tidak diperhatikan," urainya.

Di samping itu, Meiki juga mempertanyakan penempatan limbah minyak yang sudah terangkut dari laut tersebut yang tidak jelas. Padahal, kata dia, limbah itu berbahaya.

"Itu katanya dibawa ke Cimalaya dulu, ditampung di Cimalaya lalu setelah itu tidak ada kejelasan akan dibawa ke mana si limbah oil ini. Kita ketahui bahwa itu limbah racun berbahaya," ucapnya.

Baca Juga: Pencemaran Minyak di Pantai Karawang Meluas ke Kepulauan Seribu Jakarta

(fid)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini