nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Politisi PDIP Sebut Negara Hancur Bila Jokowi Tidak Mundur, Ini Faktanya

Ade Putra, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 12:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 29 337 2084885 heboh-politisi-pdip-sebut-negara-hancur-bila-jokowi-tidak-mundur-ini-faktanya-ZAraijIk1s.JPG

AKUN Facebook Supli Rahim membuat unggahan yang menampilkan tangkapan layar dari berita media daring nasional yang berjudul “Politisi PDIP: Negara Akan Hancur Bila Jokowi Tidak Segera Mundur”.

Dalam unggahannya, akun Supli juga menambahkan narasi. “Ini baru benar,” tulisnya yang dibagikan di grup Facebook Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno #INAElectionObserverSos, Minggu (28/7/2019).

Namun setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari dengan mengetikkan judul berita seperti di tangkapan layar, hasilnya nihil. Selain itu, diketahui foto yang dilampirkan akun FB Supli adalah hasil editan dari berita berjudul “Politisi PDIP: Bangsa Ini Akan Gagal Kalau Tidak Rekonsiliasi”.

Berita tersebut tayang pada Sabtu 6 Juli 2019, Pukul 14.59 WIB.

Baca juga: Jokowi Disebut Jadi Tertawaan di Jepang karena Pidato Satu Menit, Ini Faktanya

Berdasarkan tujuh kategori ‘Draf Misinformasi atau Disinformasi’, informasi tersebut termasuk manipulated content.

Ilustrasi.

"Di mana, informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu," tegas salah satu Relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Dedy Helsyanto, dalam ulasan periksa faktanya, Senin (29/7/2019).

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini