nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Capim KPK Ikut Tes Psikologi, Laode Syarief Ngaku Kesulitan di Sesi Ini

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 28 Juli 2019 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 28 337 2084624 capim-kpk-ikut-tes-psikologi-laode-syarief-ngaku-kesulitan-di-sesi-ini-oDV16ePbC0.jpg Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 104 Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengikuti ujian psikologi di Gedung Pusdiklat Kemensetneg, Jakarta, Minggu (28/7/2019). Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief termasuk salah satu peserta.

Dia mengaku, kesulitan saat mengikuti sesi gambar saat menjalani tes psikologi (psikotes) untuk menjadi calon pimpinan (Capim) lembaga antirasuah jilid V. Tak hanya soal pencocokan gambar, Syarief juga kesulitan dalam menghitung cepat angka-angka dalam tes pauli.

Baca Juga: 104 Capim KPK Dites Psikologi oleh TNI Angkatan Darat 

"Kesulitannya mencocokkan gambar, terus yang paling terakhi‎r tuh tes pauli, menjumlahkan (angka) tapi banyak banget," kata Syarief disela-sela menjalani tes psikologi capim KPK jilid V di Gedung Pusdiklat Kemensetneg, Jalan Gaharu 1, Jakarta Selatan.

Menurut Laode, metode psikotes hari ini tidak jauh berbeda ketika dia mencalonkan diri sebagai pimpinan KPK jilid IV. ‎Namun memang, katanya, ada beberapa soal yang berbeda dengan sebelumnya.

"Agak sama, soalnya tapi beda. Metodenya yang sama," ucap Syarief.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif	 

Laode enggan berspekulasi apakah akan lolos dalam tes psikologi kali ini. Dia mengaku agak lambat saat menjumlahkan angka-angka dalam tes pauli.

"Kalau tes (kompetensi) yang kemarin ‎itu kan saya bisa yakin karena itu soal-soal pengetahuan. Kalau ini beda kan, misalnya, ada tikus melompat, ada kodok, kaya gitu-gitu, kan geli," kelakarnya.

Baca Juga: Basaria dan Laode Syarief Pede Jalani Tes Psikologi Capim KPK 

Sekadar informasi, sebanyak 104 Capim KPK jilid V yang lolos uji kompetensi beberapa waktu lalu kembali menjadi tahapan seleksi selanjutnya yakni, psikotes. 104 peserta menjalani psikotes di Gedung Pusdiklat Kemensetneg di Jalan Gaharu 1, Jakarta Selauan.

Psikotes sudah berlangsung sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi yang meliputi tes kejiwaan hingga tes kepribadian. Psikotes yang diuji oleh tim dari TNI Angkatan Darat berlangsung selama enam jam.

(fid)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini